Memahami Perbedaan antara Diabetes Basah (Diabetes Tipe 1) dan Diabetes Kering (Diabetes Tipe 2)

Memahami Perbedaan antara Diabetes Basah (Diabetes Tipe 1) dan Diabetes Kering (Diabetes Tipe 2)

Memahami Perbedaan antara Diabetes Basah (Diabetes Tipe 1) dan Diabetes Kering (Diabetes Tipe 2)- Perbedaan antara Diabetes Basah dan Diabetes Kering-Freepik

RADAR JABAR - Diabetes mellitus, atau lebih dikenal sebagai Diabetes, adalah kelompok penyakit kronis yang memengaruhi cara tubuh mengatur gula darah. Ada dua jenis utama Diabetes: Diabetes basah (tipe 1) dan Diabetes kering (tipe 2).

Meskipun keduanya memiliki gejala serupa, penyebab, pengelolaan, dan perawatan keduanya sangat berbeda. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan perbedaan antara diabetes basah dan diabetes kering untuk membantu lebih memahami kondisi kesehatan ini.

 

Diabetes Basah (Tipe 1):

1. Penyebab:

Diabetes basah disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang dan merusak sel-sel beta di pankreas yang bertanggung jawab untuk menghasilkan insulin. Kondisi ini sering kali muncul secara tiba-tiba dan tidak dapat dicegah.

2. Insulin:

Orang dengan diabetes tipe 1 tidak menghasilkan insulin, hormon yang diperlukan untuk mengubah glukosa dari makanan menjadi energi. Oleh karena itu, mereka membutuhkan insulin sintetis melalui suntikan atau pompa insulin.

3. Gejala:

Gejala diabetes basah mencakup haus berlebihan, sering buang air kecil, kelelahan, penurunan berat badan yang tidak diinginkan, dan kulit yang gatal. Kondisi ini dapat memunculkan gejala tiba-tiba dan biasanya muncul pada masa kanak-kanak atau remaja.

 

BACA JUGA:Batas Konsumsi Gula Harian: Pentingnya Mengetahui dan Mengatur Asupan

 

4. Faktor Risiko:

Sumber: