Ketua KPK Firli Bahuri Minta Jadwal Pemeriksaan Dirinya Ditunda, Ingin Amankan Aset?

Ketua KPK Firli Bahuri Minta Jadwal Pemeriksaan Dirinya Ditunda, Ingin Amankan Aset?

Firli Bahuri Tetap Menjabat Ketua KPK Meski Sudah Menjadi Tersangka Kasus Korupsi Penyuapan-ANTARA-

RADAR JABAR - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta agar pemeriksaan terhadap dirinya oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK ditunda sampai tanggal 8 November 2023.

"Pak Ketua KPK Pak Filri minta dijadwal ulang setelah tanggal 8 November," kata Anggota Dewas KPK Albertina Ho di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Jumat (27/10).

Pada awalnya, Dewan Pengawas (Dewas) KPK dijadwalkan memeriksa Firli Bahuri pada hari ini terkait pertemuan dengan mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, yang saat ini menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi yang ditangani oleh KPK.

Albertina juga mencatat bahwa Dewas KPK tidak memiliki informasi mengenai alasan Firli dalam meminta penundaan pemeriksaan tersebut.

BACA JUGA:Suami Zaskia Gotik Diperiksa KPK, Ini Alasannya!

"Alasannya belum diberitahu. Silahkan tanya saja ke sana alasannya," ujarnya.

Firli dan keempat wakil Ketua KPK lainnya seharusnya menghadapi pemeriksaan oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK hari ini.

Namun, hanya satu orang, yaitu Nurul Ghufron, yang memenuhi panggilan Dewas KPK. Albertina juga menyatakan bahwa Dewas KPK akan mengubah jadwal pemeriksaan sesuai dengan permintaan ketua dan wakil ketua KPK.

"Kalau orangnya enggak ada bagaimana? Kami bisa periksa atau tidak? Dewas kan tidak ada upaya paksa. Kami tidak bisa menghadirkan," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri dilaporkan kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK atas tersebarnya foto yang menampilkan Firli sedang berbicara dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Laporan tersebut merujuk pada Peraturan Dewas KPK Nomor 3 Tahun 2021, yang melarang anggota KPK bertemu dengan pihak yang tengah menghadapi perkaranya di lembaga antirasuah.

Firli Bahuri kemudian menjelaskan bahwa foto tersebut diambil sebelum Syahrul Yasin Limpo menghadapi perkaranya di lembaga antirasuah.

BACA JUGA:JPU KPK Hadirkan Dua Saksi Pada Sidang Perdana Pemeriksaan Saksi Rafael Alun

"Pertemuan di lapangan bulu tangkis antara saya dengan Menteri Pertanian saat itu Syahrul Yasin Limpo terjadi sebelum periode tersebut, tepatnya yaitu sekitar pada tanggal 2 Maret 2022 dan itu pun beramai-ramai di tempat terbuka," kata Firli dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (9/10).

Sumber: