15 WNI Terjebak di Jalur Gaza Palestina, PMI Segera Evakuasi

15 WNI Terjebak di Jalur Gaza Palestina, PMI Segera Evakuasi

PMI Segera Evakuasi 15 WNI yang Terjebak di Jalur Gaza Palestina-AP News-

RADAR JABAR - Saat ini, Palang Merah Indonesia (PMI) sedang melakukan upaya untuk mengamankan 15 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjebak di tengah konflik yang memanas antara Hamas dan Israel di Jalur Gaza, Palestina.

Menurut Ketua PMI, Jusuf Kalla, mereka bekerja sama dengan Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Internasional dalam usaha ini.

"Saat ini Palang Merah Indonesia bersama Palang Merah Internasional serta Bulan Sabit Internasional tengah berusaha mengeluarkan WNI dari jalur Gaza bersama warga negara asing lainnya," kata Jusuf Kalla (JK) pada Rabu, 10 Oktober 2023.

JK mengakui bahwa proses evakuasi WNI di Jalur Gaza merupakan tugas yang sangat menantang, terutama mengingat bahwa saat ini akses yang tersedia bagi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional sangat terbatas.

BACA JUGA:Mia Khalifa Dipecat Playboy Usai Nyatakan Dukung Palestina Setelah Hamas vs Israel Pecah

"Tadi kami sudah bicara dengan Tadi kita sudah bicara dgn Komite Palang Merah Internasional (ICRC) dan Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC) apa upaya yang dilakukan, bagaimana membantu 15 orang Indonesia ada yang di sana, bagaimana cara mengeluarkannya masalahnya banyak sekali orang asing bukan hanya orang Indonesia, dan akses Palang Merah dan Bulan Sabit merah sangat terbatas" ujar dia.

Dia menyoroti bahwa situasi di Gaza, Palestina, akan menghadirkan bencana kemanusiaan besar dalam beberapa hari ke depan.

Ini karena Israel berencana untuk menerapkan blokade total di Gaza dengan memutuskan pasokan listrik, air, dan bahan logistik seperti makanan dan obat-obatan ke daerah tersebut.

BACA JUGA:12 Selebriti Dunia yang Mendukung Palestina dan Kecam Israel

Dia menekankan bahwa tindakan ini akan menyebabkan penderitaan bagi 2,5 juta penduduk yang tinggal di Gaza.

Oleh karena itu, JK mengajak masyarakat Indonesia untuk membantu rakyat Gaza, setidaknya melalui doa bersama.

"Kita melihat situasi, palestina dan Gaza tentu akan menjadi masalah kemanusiaan yang besar di hari-hari yang akan datang karena Israel akan memblokade listrik,air, makanan dan logistik dan gas. berarti kehidupan 2,5 juta orang di Gaza akan kesulitan luar biasa. Untuk itu Indonesia harus bersama sama apa yang bisa dibantu, memang sulit sekali membantunya, setidaknya doa bersama," ungkap JK.

PMI dipastikan akan melakukan upaya maksimal untuk mengevakuasi WNI yang masih terjebak di jalur Gaza.

Sumber: