9 Makanan Sehat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara Alami

9 Makanan Sehat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara Alami

9 Makanan Sehat untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara Alami--( Sumber Gambar: Pixabay)

Radar Jabar - Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, dapat menjadi masalah kesehatan serius yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Namun, ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk membantu mengelola tekanan darah, termasuk memilih makanan yang tepat.

Berikut adalah beberapa makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi secara alami:

1.Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kubis, dan collard mengandung kalium dan magnesium yang berperan dalam mengatur tekanan darah.

Kalium membantu membuang kelebihan natrium dari tubuh, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2.Buah-Buahan

Buah-buahan seperti semangka, kiwi, pisang, buah beri, jeruk, dan buah delima mengandung senyawa seperti kalium, serat, dan polifenol yang dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

3.Makanan Kaya Serat

Kentang, oatmeal, kacang lima, kuaci, lentil, dan sayuran segar merupakan sumber serat yang baik. Serat membantu mengurangi tekanan darah dengan memperbaiki fungsi pembuluh darah dan menurunkan kadar kolesterol.

 

BACA JUGA:10 Makanan Penurun Darah Tinggi pada Penderita Hipertensi

 

4.Buah Bit

Buah bit mengandung nitrat alami yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

5.Yoghurt dan Susu Skim

Produk susu rendah lemak seperti yoghurt dan susu skim mengandung kalsium yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

6.Ikan Kaya Omega-3

Ikan laut seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu menjaga kesehatan jantung serta menurunkan tekanan darah.

7.Kayu Manis dan Minyak Zaitun

Kayu manis dan minyak zaitun mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dan memiliki efek positif pada kesehatan jantung.

8.Cokelat Hitam

Sumber: