Bicara Soal Isu Aliran Sesat di Bandung, Ini Kata Ridwan Kamil

Bicara Soal Isu Aliran Sesat di Bandung, Ini Kata Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, ikut memberikan pernyataan mengenai dugaan aliran sesat yang disebut sebagai aliran Syiah Gegerkalong.--Istimewa

RADAR JABAR - Beberapa waktu lalu, masyarakat di kota Bandung dikejutkan dengan munculnya video yang diduga berisi ajaran aliran sesat.

Video tersebut menggambarkan kegiatan sekelompok orang yang diduga terlibat dalam aliran sesat di daerah Gegerkalong, Kota Bandung.

Setelah video tersebut menjadi viral di media sosial, warga sekitar lokasi kejadian diduga terlibat dalam aliran sesat melakukan unjuk rasa.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, ikut memberikan pernyataan mengenai dugaan aliran sesat yang disebut sebagai aliran Syiah Gegerkalong.

“Selalu akan ditindaklanjuti dulu, bisa dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau ulama-ulama,” ujar Ridwan Kamil di Bandung pada hari Senin, (31/7/2023).

 

BACA JUGA: Pasca Viral di Media Sosial, Warga Berdemo di Tempat Viral Diduga Aliran Sesat

 

Ridwan Kamil juga menegaskan bahwa saat ini belum dapat diambil keputusan mengenai kategorisasi kegiatan tersebut sebagai aliran sesat atau tidak, sampai ada fatwa resmi yang dikeluarkan.

Kasus Syiah Gegerkalong ini mengalami proses yang serupa dengan penyelidikan yang sebelumnya dilakukan terhadap Pondok Pesantren Al-Zaytun.

"Saya tidak bisa memutuskan sesat atau tidak sesat sebelum ada fatwa termasuk urusan Al-Zaytun juga," tulisnya.

Setelah video kegiatan yang diduga terlibat dalam aliran sesat tersebut menjadi viral di daerah Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

Hampir puluhan warga sekitar melakukan unjuk rasa atau melakukan penggerebekan terhadap bangunan yang diduga digunakan oleh kelompok tersebut.

 

Sumber: