Rusia Tembak Drone Milik Ukraina yang Serang PLTN Kursk

Rusia Tembak Drone Milik Ukraina yang Serang PLTN Kursk

Ilustrasi Drone milik Ukraina--Anadolu

RADAR JABAR - Rusia menyerang drone atau pesawat tanpa awak milik Ukraina di wilayah Kursk. Berdasarkan keterangan dari Gubernur wilayah tersebut, drone Ukraina berusaha menyerang Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang berada pada wilayah tersebut.

Menurut pernyataan dari Roman Stravoit yang merupakan Gubernur Kursk, drone milik Ukraina telah ditembak jatuh yang dengan jarak hanya beberapa kilometer dari PLTN, dekat dengan gedung hunian di Kota Kurchatov. Meskipun ledakan dari drone tersebut tidak menyebabkan korban tewas, namun gedung tersebut mengalami kerusakan.

Secara terpisah, Aleksandr Gusev yang merupakan Gubernur Voronezh menyebutkan bahwa ada tiga drone dari Ukraina yang telah ditembak jatuh oleh sitem pertahanan udara pada malam hari.

"Kemarin, beberapa kilometer dari Voronez, sistem pertahanan udara kami mengidentifikasi dan menghancurkan tiga UAV (unmanned aerial vehicles)" ujar Gusev.

Ia juga menambahkan bahwa dalam penghancuran UAV tesebut tidak menimbulkan korban jiwa.

UAV atau disebut juga dengan pesawat nirawak atau sering juga disebut dengan drone, saat ini tengah digunakan oleh Ukraina untuk melakukan serangan balik Ukraina kepada Rusia.

Diketahui bahwa wilayah Kursk dan Voronezh merupakan wilayah Rusia yang berbatasan langsung dengan Ukraina. Dalam beberapa bulan terakhir, Ukraina telah melakukan seragkaian serangan pada wilayah perbatasan Rusia.

Dalam serangkaian serangan di perbatasan wilayah Rusia, Ukraina telah melakukan serangan dengan drone dan artuleri, serta penyerbuan oleh pasukan paramiliter.*

Sumber: antara