Jelajahi Keindahan Pantai Manalusu Garut yang Tak Banyak Orang Tau

Jelajahi Keindahan Pantai Manalusu Garut yang Tak Banyak Orang Tau

Pantai Taman Manalusu di Kabupaten Garut memiliki keindahan yang sangat memukau.--Tangkapan Layar Instagram @wen.de2

RADAR JABAR- Pantai Taman Manalusu di Kabupaten Garut memiliki keindahan yang sangat memukau. Nama pantai ini memang tidak se-populer pantai lainnya di Garut. Bahkan warga garut sendiri tidak semua mengetahui keberadaan pantai yang satu ini, sehingga Pantai Manalusu ini mmasih asri dan sepi dikarenakan masih banyak wisatawan.

Pantai Manalusu ini terletak diantara Pantai Santolo dan Pantai Rancabuaya sehingga bisa dijadikan sebagai referensi tempat untuk beristirahat atau sekedar menikmati keindahan pantai ini.

Seperti pantai pada umumnya di Kabupaten Garut, daya tarik pantai yang satu ini adalah hamparan pasir putih yang membentang luas. Rindang pepohonan yang ada disekitarnya, membuat udara di pantai ini tidak terlalu panas, meskipun matahari bersinar terik.

Pantai Manalusu juga memiliki keunggulan utama yang memukau, yaitu adanya terumbu karang yang tumbuh subur di pesisir pantai dengan warna hijau pada batu karang, tampak jelas dan indah keberadaan batu karang ini seolah sebagai pembatas alami yang membatasi pasir dengan air laut.

BACA JUGA:5 Pantai Di Garut Terpopuler dan Paling Banyak Dikunjungi

Pantai ini menjadi surga bagi 150 jenis ikan dan setidaknya ada 400 jenis tanaman laut. Ikan-ikan di pantai ini seringkali dijumpai bermian di sepanjang bibir pantai sehingga penjunjung bisa menangkap ikan.

Adapun jika air lau pasang, ikan dapat terbawa oleh ombak sampai ke lekukan batu karang dan terdiam disana sampai ombak kembali pasang yang membuat batu karang dipenuhi ekosistem ikan kecil dianatar batuan karang di tepi pantai manalusu ini.

Pantai manalusu berjarak 141 kilometer dari pusat kota Garut, karena lokasi yang jauh dari pusat keramaian sertahiruk pikuk kota maka pantai Manalusu tergolong pantai yang sunyi dan jarang dijumpai wisatawan luar.

Namun, pantai ini sangat coock bagi wisatawan yang menginginkan ketenangan dan kedamaian. Di pantai ini suasana alamnya yang asri, udara sangat segar, sejuk dana menenangkan.

Meski berada di tepi jalan raya, namun hal tersebut tidak mempengaruhi konsisi alamiah Pantai Manalusu.

BACA JUGA:4 Manfaat Positif Liburan ke Pantai yang Baik Bagi Kesehatan dan Juga Pikiran, Tenang!

Para pengunjung yang datang ke plantai ini juga dapat melakukan kegiatan yang sangat menarik, yaitu dengan menyewa perahu nelayan. hal ini sangat asik dilkukan dengan keluarga atau bersama teman-teman.

Sumber: