Yana Mulyana Kena OTT KPK, Pilwalkot Bandung 2024 Tanpa Incumbent

Yana Mulyana Kena OTT KPK, Pilwalkot Bandung 2024 Tanpa Incumbent

Pengamat Politik UNPAD, Yusa Djuyandi--

RADARJABAR.ID,  - Wali Kota Bandung Yana Mulyana  diciduk Operasi Tangkap Tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Jumat, 14 April 2023 malam.

OTT Yana Mulyana oleh KPK diduga korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji dalam pengadaan barang jasa berupa CCTV dan jaringan Internet pada program Smart City Kota Bandung.

Pengamat Politik dari Universitas Padjadjaran (Unpad) Yusa Djuyandi angkat bicara. Menurutnya, ditangkapnya Yana oleh KPK sangat mengejutkan sekaligus memprihatinkan bagi publik Kota Bandung.

"OTT KPK terhadap Wali Kota Bandung tentunya mengejutkan dan memprihatinkan. Tidak menyangka akan ada masalah ini," kata Yusa melalui telepon selulernya, Sabtu (15/4/2023).

Oleh karena itu, dia meminta DPRD Kota Bandung segera berkomunikasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar program Pemerintah Kota Bandung tetap berjalan.

"Untuk mengantisipasi macetnya program Pemkot Bandung, maka DPRD Kota Bandung perlu segera berkomunikasi dengan Gubernur Jabar," ujarnya.

Direktur Eksekutif Polsight ini menjelaskan bahwa dari sisi politik, nama Yana Mulyana sempat masuk dalam radar orang yang berpotensi untuk memenangkan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) 2024 dengan diusung oleh Gerindra sebagai partainya.

Namun, lanjut Yusa, dengan adanya kasus ini membuat harapan Yana maju di Pilwakot 2024 itu menjadi hilang.

"Gerindra tentu sebagai partai pengusung Kang Yana harus mencari kandidat lainnya. Karena waktunya memang sudah semakin sempit, tentu tugasnya semakin berat," tandasnya.***

 

Sumber: