Kunjungi Kab. Bogor, BKSAP Bahas Pembangunan Berkelanjutan

Kunjungi Kab. Bogor, BKSAP Bahas Pembangunan Berkelanjutan

Sosialisasi BKSAP bersama Pemkab Bogor di Kantor Bupati, Sabtu (21/1). -Sandika/Jabar Ekspres-

RADARJABAR.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menyambut sosialisasi Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP) SGDs Day di Kantor Bupati Bogor, Sabtu, (21/1).

KegIatan yang dihadiri oleh Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon ini sebagai wadah bertukar pikiran dan mencari solusi bersama untuk mendorong terwujudnya pembangunan berkelanjutan. 

Dengan mengusung tema 'Diplomasi Parlemen dalam Mendorong Stabilitas dan Ketahanan Pangan Global' ini diharapkan dapat meningkatan pertumbuhan pembangunan. 

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus berupaya menyelaraskan pembangunan di daerah dalam kerangka tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SGDs).

“Pada dasarnya kebijakan, program, kegiatan maupun inovasi Pemkab Bogor sejalan dengan percepatan pencapaian SDGs. Berbagai program strategis Pancakarsa diturunkan dalam beberapa kegiatan yang tujuannya selain untuk mencapai indicator kerja Pemkab Bogor, sekaligus untuk mencapai target indikator SDGs yang ditetapkan pemerintah pusat maupun provinsi,”kata Iwan Setiawan kepada media. 

Pemerintah Kabupaten Bogor dalam hal ini terus melakukan monitoring dan pendampingan kepada desa dalam mengalokasikan 20 persen Dana Desa untuk program ketahanan pangan.

Ada tiga dinas yang ditunjuk langsung untuk mengarahkan pemerintah desa dalam memaksimalkan tersebut yakni DKP (Dinas Ketahanan Pangan), Distanhorbun (Dinas Pertanian, Holtikultura dan Perkebunan), dan Diskanak (Dinas Perikanan dan Peternakan).

“Kita membuat paket-paket untuk memudahkan desa dalam menjalankan program ketahanan pangan. Di situ ada pembinaan dan pelatihannya,"tambahnya.

Sementara itu, Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon menjelaskan, tugas dari BKSAP sendiri mendorong terwujudnya SDGs atau pembangunan berkelanjutan. 

Selain itu,BKSAP juga memiliki tugas diplomasi parlemen di forum dunia dan menjembatani pemda dengan negara-negara lain, perguruan tinggi, dan lainnya.

“Dalam pertemuan tadi, bukan hanya pemerintah daerah saja yang hadir, ada dari tokoh masyarakat akademisi, budayawan, mahasiswa dan juga dari dpr ri sendiri. Jadi kita dengar masukan yang diberikan oleh mereka sembari kita menyosialisasikan tugas diplomasi parlemen, "ucapnya.

Lebih lanjut, kata Fadli Zon, tak hanya Kabupaten Bogor saja yang ia kunjungi, akan tetapi daerah lain juga dengan menjadikan format atau instrumen SDGs ini didalam membuat perencanaan jangka pendek, menengah dah panjang sehingga sejalan dan terukur. 

"Terkait ketahanan pangan Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang sangat strategis yah, disini ada Universitas IPB yang memang pada bidang pengembangan sektor pertanian, "tambahnya.

Kabupaten Bogor juga kata dia, memiliki sumber daya alam yang bisa dijadikan potensi seperti halnya budaya, wisata, sejarah kuliner dan lainnya. 

Sumber: bksap bahas pembangunan berkelanjutan