Karang Pamitran Kwarda Jabar, Sarana Tingkatkan Kapasitas Pembina Pramuka

Karang Pamitran Kwarda Jabar, Sarana Tingkatkan Kapasitas Pembina Pramuka

Foto bersama plt Bupati Bogor Iwan Setiawan bersama ketua kwartir daerah Jabar Atalia Praratya di Aula Setda, Cibinong, Kabupaten Bogor. -Foto : Sandika Fadilah/Jabarekspres.com-

BOGOR- Pemerintah Kabupaten Bogor berkolaborasi dengan Pramuka Kwartir Daerah Jabar dalam kegiatan Karang Pamitran Kwartir Daerah (Kwarda)  Jawa Barat Wilayah I, Open Station Cal Jota-Joti Gelar Senja Tahun 2022 di Auditorium Setda, Cibinong Kabupaten Bogor.

Kolaborasi itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pembina dan anggota Pramuka Kwartir Daerah Jabar Wilayah I guna menciptakan generasi muda penerus bangsa berkarakter.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, bahwa kegiatan Karang Pamitran Tingkat Jawa Barat Wilayah I merupakan sarana untuk meningkatkan kapasitas para pembina pramuka baik peningkatan pengetahuan, keterampilan dan ajang bertukar pengalaman kepramukaan sekaligus wadah silaturahmi untuk mempererat persaudaraan antar pembina Pramuka di Jawa Barat.

"Terima kasih dan apresiasi atas kehadiran Ibu Atalia dan jajaran, serta para ketua dan Kakak pembina Kwartir Cabang di Bogor. Alhamdulilah atas kepercayaannya sehingga kami berkesempatan menjadi tuan rumah kegiatan Karang Pamitran Tingkat Jawa Barat Wilayah I ini," kata Plt. Bupati Bogor, Sabtu 15 Oktober 2022.

Kegiatan Pramuka hingga saat ini dinilai masih mampu dan efektif sebagai wadah pembentukan karakter bagi para pemuda karena berbagai aktivitas keperamukaan mengajarkan nilai-nilai kemandirian, kejujuran, tanggung jawab, disiplin, toleransi, kepedulian, dan kreativitas yang dikemas dalam kegiatan yang menarik, menantang dan menyenangkan.

"Sebab menciptakan pembangunan dan pendidikan generasi muda berkarakter merupakan investasi masa depan untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul sebagai penentu kemajuan bangsa," tambahnya

Sementara itu, minat masyarakat terhadap organisasi pramuka di Kabupaten Bogor dinilai cukup tinggi. Berdasarkan data tahun 2020-2022 ada 2.284 anggota Pramuka Garuda.

Meski cukup tinggi, namun Pemkab Bogor menargetkan akan melaksanakan pembinaan dengan target 10.000 anggota Pramuka Garuda.

"Kedepan kami akan terus mendorong agar Pramuka Garuda menjadi salah satu bentuk prestasi, sehingga lembaga pendidikan dapat membuka akses melalui jalur prestasi khususnya bagi pramuka garuda," tungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Kwartir Daerah Jabar Atalia Praratya mengungkapkan, ada enam wilayah I yang tergabung dalam Kwartir Daerah Jabar diantaranya, Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Cianjur, dan Kota kabupaten Sukabumi.

"Moment ini harus dimanfaatkan untuk saling bersilaturahmi, berbagi inspirasi, berbagi informasi termasuk berbagi ide dan pengalaman, sehingga bisa saling mendorong satu sama lain dalam melalukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi para peserta didik,"kata Atalia Praratya

Istri dari Gubernur Jawa Barat ini mengaku senang karena jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut sangat banyak. Setiap daerah yang masuk dalam Kwartir Daerah Jabar wilayah 1 hadir semua.

"Alhamdulilah hari ini banyak sekali yang hadir dan wakil dari 6 wilayah masing-masing itu hadir, semoga kedepannya Pramuka Jabar bisa menjadi yang terbaik,"pungkasnya (SFR)

Sumber: