Komunitas Aleut Soroti Rusaknya Gedung Merdeka: Harus Jadi Pembelajaran

Komunitas Aleut Soroti Rusaknya Gedung Merdeka: Harus Jadi Pembelajaran

Gedung Merdeka Bandung yang sepat mengalami kerusakan. - Foto. Sandi Nugraha.-

BANDUNG - Rusaknya Gedung Merdeka beberapa waktu lalu mendapat sorotan tajam dari publik. Salah satu yang paling menyayangkan terjadinya kerusakan tersebut adalah Komunitas Aleut.

Komunitas pegiat cagar budaya Kota Bandung ini menyebut kerusakan tersebut harus mnejadi perhatian dan pembelajaran semua pihak.

Gedung Merdeka yang merupakan bangunan cagar budaya kategori A tersebut mengalami kerusakan cukup parah. Hal ini yang membuat banyak kalangan yang menyayangkan.

Ketua Komunitas Aleut, Ariono Wahyu Widjajadi mengatakan bahwa proses renovasi gedung merdeka memiliki prosedur dan aturan khusus. Bahkan kata dia, harus diperlukan tahapan-tahapan panjang hingga sampai pada izin renovasi.

"Status bangunan cagar budaya itu memang harus dikonsultasikan kalau ada apa-apa dengan tim ahli cagar budaya dan itu sudah ada penjelasan dari pihak gedung merdeka (terkait proses renovasi)," katanya saat dikonfirmasi Sabtu (24/9).

Ariono menambahkan, viralnya kerusakan Gedung yang menjadi ikon Kota Bandung ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat terhadap situs bersejarah.

Sehingga adanya hal tersebut, atensi masyarakat terhadap situs atau bangun bersejarah dinilai cukup tinggi.

"Yang menjadi ramai itu mungkin masyarakat menyayangkan kenap bangunan seperti ini kok bisa rusak. Tapi itu sudah dijelaskan dan ada prosedur jadi tidak bisa sembarangan," jelasnya.

Sehingga dengan viralnya kasus tersebut, kerusakan ini diharapkan jadi pembelajaran bagi pengelola untuk lebih responsif terhadap kerusakan-kerusakan bangunan maupun situs bersejarah.

"Nah pengawasannya memang kalau Perda-nya dibawah Disbudpar tapi kan kalau pengawasan ada satpol PP. Iya (responsif dan melakukan perawatan dengan lebih baik)," pungkasnya

Sebelumnya, pengguna sosial media dikejutkan dengan vitalnya sebuah video yang menunjukkan kondisi terkini Gedung Merdeka, Kota Bandung.

Sebagai mana yang dilihat di salah satu unggahan video di sosial media milik @txtdaribandung, kondisi Gedung Merdeka kini kian memprihatinkan bahkan nyaris ambruk.

Bahkan dari video itu terlihat beberapa ruangan dan plafon di Gedung merdeka telah rusak dan bocor saat diterjang hujan. Sehingga video tersebut kini telah ramai dibincangkan oleh para pengguna sosial media. Sehingga warganet pun menyayangkan dengan kondisi yang kini menjadi ikon Kota Bandung itu tidak terawat

Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Bandung telah merekomendasikan perbaikan bangunan Gedung Merdeka dengan nomor 029/TACB/VIII/2022.

Sumber: