Suhu Dieng Mencapai Minus 1,2 Derajat Celsius hingga Diselimuti Es

Suhu Dieng Mencapai Minus 1,2 Derajat Celsius hingga Diselimuti Es

BANJARNEGARA - Suhu udara dingin yang cukup ekstrem sedang menyapu Dieng. Pagi ini, suhu udara di komplek Candi Arjuna mencapai minus 1,2 derajat celsius.

Turunnya suhu udara membuat embun di sekitar komplek Candi Arjuna, Dieng membeku. Embun yang ada di rumput, daun, besi dan plastik pagi ini pun membeku menjadi es.

Hal itu disampaikan salah satu warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara Hasta Priyandono.

Hasta sempat mengabadikan munculnya fenomena embun di sekitar komplek Candi Arjuna pagi ini. Berdasarkan pantaunnya, suhu udara di lokasi tersebut turun hingga minus 1,2 derajat celsius.

"Pagi ini embun di sekitar komplek Candi Arjuna kembali membeku. Tadi saya cek suhu turun hingga minus 1,2 derajat celsius," terangnya, dilansir dari detik, Selasa (26/7) pagi.

Kondisi serupa juga terjadi pada Senin (25/7) kemarin. Embun di komplek Candi Arjuna membeku. Sayangnya, saat itu aplikasi pengukur suhu udara Dieng tengah error.

"Kemarin juga ada embun es. Tetapi tidak sempat melihat suhu udara, karena sedang eror," jelasnya.

Munculnya embun es di Dieng pagi ini dibenarkan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dieng, Banjarnegara, Sri Utami. Embun es muncul terlihat di komplek Candi Arjuna.

"Benar, pagi ini embun di sekitar komplek Candi Arjuna membeku. Paling terlihat di sekitar pintu keluar candi," ujarnya.

Pagi ini, sejumlah wisatawan yang beruntung bisa melihat fenomena alam tersebut. Mengingat kemunculan es di lokasi tersebut sulit diprediksi jauh-jauh hari.

"Pagi ini ada wisatawan yang beruntung bisa melihat langsung embun es. Ada sekitar 20 orang sudah ada di sekitar komplek Candi Arjuna," sebutnya. (bbs)

Sumber: