Pemalu Tapi Ingin Sukses Saat Wawancara Kerja, Simak Ini Tips dan Triknya

Pemalu Tapi Ingin Sukses Saat Wawancara Kerja, Simak Ini Tips dan Triknya

Ilustrasi wawancara kerja yang dilakukan seorang pemalu.--

Wawancara kerja merupakan saat yang sangat menentukan bagi seseorang akan diterima menjadi bagian perusahaan atau tidak. Wawancara kerja yang baik adalah yang bisa menghidupkan suasana interaksi intens dengan pewawancara. Namuun Bagaimana bila yang akan diwawancarai adalah sosok yang pemalu?

Seorang yang memiliki sifat pemalu, tentu akan menutup diri dan menghindar dari percakapan dengan orang yang tidak dikenalnya. Hal ini menjadi benteng bagi dirinya agar tidak menjadi pusat perhatian. Namun sikap pemalu tentu akan menjadi masalah bila dihadapkan dengan kondisi yang menuntutnya untuk berinteraksi dengan orang lain.

Seperti saat moment wawancara kerja. Si Pemalu tidak bisa menghindar untuk melakukan percakapan bahkan dengan orang yang tidak dikenalnya. Kemampuan akan public Speakinng disini sangat dibutuhkan. Karena bisa menjadi penilaian tersendiri bagi pewawancara.

Sayangnya, hal tersebut cukup berat bagi orang yang memiliki sifat pemalu. Terkadang, mereka yang pemalu terkendala saat berbicara atau berkomunikasi.

Senior Associate Culture Measurement and Program Development MIND ID & Content Creator Vina A Muliana mengatakan bahwa para pemalu harus melatih public speaking agar sukses dalam wawancara.

Karenanya, Vina memberikan tips dan trik untuk seorang pemalu agar bisa sukses mengikuti wawancara kerja dan berhasil mendapatkan pekerjaannya. Seperti dilansir dari laman Genpi.co

1. TANYA
Ketika HRD bertanya ke kamu, coba bertanya kembali, sehingga membuat percakapan open-ended dengan pewawancara. Hal ini bisa meningkatkan interaksi saat sesi wawancara

2. Puji
Terapkan hal dengan sesekali menyebutkan nama pewawancara saat memberikan jawaban, sehingga tercipta unsur pujian dan kedekatan dengan pewawancara. Alhasil, chemistry antara kedua belah pihak bisa terbangun dengan baik.

3. Reaksi
Rumus ini wajib kamu gunakan, apalagi pada kesempatan si pewawancara melempar balik ke si pelamar untuk bertanya. Pastikan gunakan kesempatan setelah wawancara untuk bertanya dan memberikan reaksi atas apa yang sudah didiskusikan sebelumnya.

Setelah tahu ketiga rumus tadi, kamu bisa mengasah skill public speaking agar wawancara berjalan lancar.

Berikut tips mengasah skill public speaking supaya kamu tidak planga-plongo di depan banyak orang.

1. Tarik napas dalam dan beri afirmasi positif terhadap diri sendiri
Berikan vibe positif agar apa yang kamu pelajari tidak terbuang sia-sia.
Sebelum wawancara, kamu bisa tarik nafas dalam, tenangkan diri, dan berikan afirmasi positif ke diri sendiri.

2. Hindari tatapan mata secara langsung
Trik ini bisa diterapkan ketika kamu berhadapan dengan orang/audience yang banyak. Solusinya adalah tatap ke arah pelipis atau dahi audience.

3. Perbanyak baca buku
Kamu bisa memperbanyak baca buku agar koleksi kata-kata makin beragam dan bisa lancar saat berbicara di depan banyak orang atau pada saat tahapan wawancara. (rit)

Sumber: