Dukung Y20, Pemprov Jabar Siapkan Anggaran Khusus Dan Gedung KAA Sebagai Lokasi

Dukung Y20, Pemprov Jabar Siapkan Anggaran Khusus Dan Gedung KAA Sebagai Lokasi

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat konferensi Pers Y20 secara virtual. Sabtu (2/7). Foto. Sandi Nugraha.--

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sangat dukung terselenggaranya perhelatan besar summit Y20 2022. Bentuk dukungannya juga dia tunjukkan dengan penyediaan anggaran khusus juga geduang KAA untuk lokasi acara.

Perhelatan akbar tersebut rencananya akan diikuti oleh 20 delegasi negara yang tergabung dalam peserta G20, pada 17 - 24 Juli 2022 mendatang. Provinsi Jawa barat dan DKI Jakarta yang beruntung ditunjuk menjadi tuan rumah.

"Tentunya kami sangat bangga bahwa Y20 ini sangat luar biasa untuk menjadi platform Sura anak-anak muda dimasa depan. Dan oleh karena itu, Jawa Barat tentunya akan mensupport bersama DKI (Jakarta), dan kita akan menyiapkan anggaran hingga miliaran rupiah," kata Emil sapaan akrabnya didalam acara Konferensi pers Y20 secara virtual, Sabtu (2/7).

Selain menyediakan anggaran yang cukup besar, Emil menambahkan bahwa pemprov Jabar juga akan menyediakan tempat. Yakni gedung Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang akan dijadikan venue perhelatan besar antar 20 negara dunia tersebut.

"Tentu itu akan kita sediakan," ucapannya

Tidak berhenti sampai disitu, bentuk dukungan lain dari Pemerintah Jabar, RK menambahkan, juga akan menggelar event kreatif yang bertemakan "Youth innovation festival" .

"Jadi ini (Y20 di Jabar) akan ada festivalnya, tidak hanya bicara-bicara saja tapi ada kegiatan-kegiatan kreatif yang akan dilangsungkan di Bogor pada tanggal 23 Agustus 2022," ujarnya

"Sehingga delegasi-delegasi dari 20 negara pulang dari Indonesia dapat memberikan impresi bahwa masa depan dunia itu betul-betul dipikirkan secara mendalam dan secara substansif, dan suara anak muda akan sangat didengar oleh para pemimpin pengambil keputusan," tambahnya

Perhelatan yang disebut sebagai ajang diskusi anak muda terbesar ini, Emil menuturkan bahwa Pemprov beserta masyarakat Jawa Barat akan mendukung secara penuh terhadap penyelenggaraan Y20 pada pertengahan Juli nanti.

"Jadi masyarakat Jawa barat dan Pemprov Jabar sangat mendukung dari sisi anggaran, kombinasi, tempat hingga publikasi akan memastikan suksesnya Y20 ini membawa nama baik pemuda-pemuda Indonesia," tuturnya

Untuk diketahui, Dalam acara Y20 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 17 - 24 Juli 2022 mendatang ini, nantinya para pemuda khususnya Indonesia akan membawa 4 isu prioritas seperti ketenagakerjaan pemuda, digital transformasi, pelanet berkelanjutan, dan keberagaman dari involusi.

4 isu prioritas tersebut, nantinya akan masuk dalam pembahasana bersama 20 delegasi Negara peserta G20 di acara Y20 nanti. (San).

 

 

Sumber: