Tumpah Ruah, Konser HUT Kota Medan Diwarnai Penonton Pingsan Karena Berdesak-desakan

Tumpah Ruah, Konser HUT Kota Medan Diwarnai Penonton Pingsan Karena Berdesak-desakan

Kemeriahan HUT Medan yang diwarnai insiden penonton pingsan karena berdesak-desakan.--

MEDAN - Konser yang diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang tahun (HUT) ke-432 Kota Medan, berhasil menyedot perhatian warga. Konser bertajuk Colorful Medan Carnival 2022 itu, dihadiri ribuan orang. Sayangnya konser diwarnai insiden desak-desakan hingga penonton pingsan.

Konser yang berlangsung di Jalan Balai Kota, tepatnya di pintu Merdeka Walk Medan, Jumat (1/7/2022) malam berjalan sangat meriah. Dilansir Pojokumut.com dari JPNN, banyak penonton yang terpaksa harus dievakuasi dari kerumunan untuk mendapatkan perawatan medis karena kelelahan di himpitan massa.

Pemandangan penonton dan petugas saling dorong di pagar pembatasan panggung konser tak terelakkan lagi. Imbasnya, sejumlah penonton terpaksa hadir dibawa menuju belakang panggung untuk mendapatkan perawatan.

Penonton yang mengalami kelelahan ini mayoritas wanita. Untuk menghentikan aksi saling dorong-dorongan itu, petugas terpaksa menyemburkan air dari mobil pemadam kebakaran yang telah disediakan.

Dalam konser ini, terlihat ribuan warga memadati sepanjang area panggung. Penonton yang datang mayoritas terlihat dari kalangan anak muda. Namun, tidak sedikit orang tua yang hadir sambil membawa anak dan istrinya.

Tak hanya di Jalan Balai Kota, sepanjang Jalan Kapten Maulana Lubis juga terlihat dipenuhi penonton. Mereka tampak duduk di badan jalan.

Saat hiburan baru dimulai, beberapa penonton harus dibopong keluar dari kerumunan lantaran pingsan akibat berdesakan. Petugas yang bersiaga di lokasi langsung melakukan evakuasi penonton dari tengah kerumunan.

Satu unit mobil ambulans berhasil menerobos kerumunan lautan manusia itu untuk membawa korban pingsan. Meski begitu, konser tetap tetap berjalan dengan warga yang masih menyemut dan antusias menyaksikan event tersebut

Seperti diketahui, perayaan HUT ke-432 Kota Medan ini juga dihadiri Wali Kota Medan Bobby Nasution yang berbaur untuk menyaksikan penampilan banyak artis. Diantaranya, Indah Nevertari, Alvin Habib, Ihsan Tarore, Budi Doremi, Judika, dan Tipe X.

Panggung konser didirikan di Jalan Balai Kota, persimpangan Jalan Raden Saleh menjadi konser besar di area terbuka pertama sejak pandemi Covid-19 dua tahun lalu.

Bobby Nasution menjelaskan perhelatan ini juga merupakan wujud rasa syukur karena Medan telah berhasil mengatasi pandemi Covid-19 dengan semangat kolaborasi.

“Ini merupakan konser pertama setelah dua tahun kita dilanda pandemi Covid-19. Dan banyak menanyakan kepada saya, apakah sudah boleh menggelar konser, saya bilang silakan. Namun kita harus tetap bersama, sama-sama menjaga ketertiban dan ketentraman,” ujarnya.

Bobby Nasution juga sempat meminta warga agar tidak berdesak-desakan. Tidak hanya dari atas panggung, Bobby Nasution juga mendekati barikade untuk langsung menyampaikan kepada masyarakat agar tetap tertib menyaksikan konser HUT Kota Medan ini. (jpnn/pjs/rit)

 

Sumber: