5 Rekomendasi Makanan Tinggi Kalsium yang Penting untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Senin 28-10-2024,20:28 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Kalsium adalah mineral yang sangat penting bagi tubuh kita. Selain menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga berperan dalam banyak fungsi tubuh lainnya.

Mulai dari pertumbuhan dan pemeliharaan tulang, kontraksi otot, hingga proses pembekuan darah. Jadi, sangat penting untuk memastikan kita mendapatkan cukup kalsium setiap harinya. Mari kita lihat lebih dekat berbagai makanan kaya kalsium yang bisa kamu masukkan ke dalam diet sehari-hari!

Sumber Makanan Tinggi Kalsium yang Bagus untuk Kesehatan 

1. Susu dan Produk Susu

Susu: Salah satu sumber kalsium terbaik. Satu cangkir susu (sekitar 240 ml) mengandung sekitar 300-350 mg kalsium, tergantung jenisnya. Baik susu penuh lemak, rendah lemak, maupun susu almond yang diperkaya, semuanya bisa jadi pilihan.

Yogurt: Selain kaya akan kalsium, yogurt juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Satu cangkir yogurt bisa mengandung 300-400 mg kalsium. Pilihlah yogurt tanpa tambahan gula untuk pilihan yang lebih sehat.

Keju: Keju parmesan mengandung sekitar 330 mg kalsium per 28 gram. Keju lain seperti cheddar dan mozzarella juga merupakan sumber kalsium yang baik.

 

BACA JUGA:7 Buah Ini Mengandung Kalsium Tinggi, Rahasia Kesehatan Tulang Kuat

BACA JUGA:10 Makanan yang Mengandung Banyak kalsium, Kamu Sudah Tau?

 

2.Kacang-Kacangan

Almond: Dalam 30 gram almond, kamu bisa mendapatkan sekitar 75 mg kalsium. Almond juga kaya akan lemak sehat dan vitamin E.

Kacang Merah: Satu gelas kacang merah (185 gram) mengandung sekitar 80 mg kalsium. Kacang merah juga kaya akan serat dan protein, membuatnya jadi pilihan yang bagus untuk diet.

Sayuran Hijau

Brokoli: Sayuran ini enak dan bergizi, mengandung sekitar 47 mg kalsium per 100 gram. Brokoli juga kaya akan vitamin C dan serat.

Bayam: Satu cangkir bayam yang dimasak mengandung sekitar 99 mg kalsium. Namun, bayam juga mengandung oksalat yang dapat mengurangi penyerapan kalsium, jadi sebaiknya dikombinasikan dengan sumber kalsium lainnya.

Kategori :