9 Ikan yang Bagus untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak dengan Pilihan yang Sehat dan Lezat

Sabtu 19-10-2024,18:42 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

Radar Jabar - Mau anak tumbuh pintar dan cerdas? Selain stimulasi yang cukup, makanan juga punya peran penting untuk perkembangan otaknya.

Salah satu sumber nutrisi terbaik buat otak anak adalah ikan. Yuk, kenalan sama beberapa jenis ikan yang bagus untuk meningkatkan kecerdasan anak!

Daftar Ikan yang Bagus untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak

1. Ikan Salmon

Salmon dikenal kaya akan asam lemak omega-3, terutama DHA, yang sangat penting buat perkembangan otak dan fungsi kognitif anak.

Selain itu, salmon juga mengandung vitamin B12, niasin, dan mineral penting lainnya. Makanan yang mengandung DHA bisa membantu anak lebih fokus dan punya daya ingat yang kuat.

2. Ikan Tuna

Ikan tuna juga termasuk pilihan bagus karena mengandung omega-3 dan protein tinggi. Selain itu, tuna juga kaya akan vitamin B6 dan fosfor yang baik untuk kesehatan otak. Mengonsumsi ikan tuna bisa membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak, lho!

 

BACA JUGA:10 Manfaat Ikan Teri Bagi Kesehatan, Kaya Gizi dan Protein

BACA JUGA:Pantes Cipung Doyan Banget! Ternyata Ini 6 Manfaat Ikan Lele bagi Kesehatan Anak-Anak

 

3. Ikan Sarden

Jangan remehkan ikan sarden, meskipun ukurannya kecil, sarden mengandung omega-3 yang tinggi dengan kandungan EPA dan DHA. Ikan ini juga kaya akan kalsium dan vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang dan otak. Plus, sarden mudah ditemukan dan sering jadi pilihan praktis buat menu harian.

4. Ikan Kembung (Mackerel)

Ikan kembung juga punya kandungan omega-3 yang tinggi, nggak kalah dari salmon atau tuna. Selain itu, ikan ini juga mengandung vitamin B yang penting untuk kesehatan otak. Harganya yang terjangkau dan mudah ditemukan bikin ikan kembung jadi pilihan yang pas untuk kebutuhan nutrisi anak.

5. Ikan Cakalang

Ikan cakalang kaya akan protein tinggi dan omega-3, yang penting untuk mendukung perkembangan otak anak. Kandungan vitamin B3 di dalamnya juga berperan menjaga kesehatan neuron otak. Ikan cakalang bisa diolah dalam berbagai masakan lezat, jadi si kecil pasti suka!

6. Ikan Nila

Ikan nila adalah sumber protein yang baik, plus mengandung omega-3 dan selenium yang mendukung kesehatan kognitif. Dengan mengonsumsi ikan nila, fungsi neurologis anak akan terbantu dan perkembangan otaknya lebih optimal.

 

BACA JUGA:5 Manfaat Ikan Salmon Untuk Kesehatan Bayi, Baik untuk Menu MPASI !

Kategori :