Jangan Terlalu Lama Scrolling! Ini Rahasia Jahat Algoritma Tiktok Merusak Fokus Kita

Senin 07-10-2024,20:49 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

BACA JUGA:7 Rekomendasi Toner Hydrating Terbaik yang Sedang Viral di TikTok

BACA JUGA:Daftar Harga Gift Tiktok, dari yang Paling Murah Sampai Paling Mahal

Menurut penelitian dari Harvard Medical School, meditasi ini bahkan dapat mengubah beberapa bagian otak. Misalnya, hippocampus—bagian otak yang bertanggung jawab atas pembelajaran dan memori—menjadi lebih tebal, sementara amigdala—bagian otak yang terkait dengan rasa tkamit dan stres—menyusut. Akhirnya, fokus, kualitas belajar, dan memori di otak pun meningkat.

Bagaimana cara melkamikannya? Apakah harus seperti biksu-biksu? Tidak perlu. Caranya sangat sederhana. Kamu bisa meditasi di mana saja, kapan saja, dan tanpa alat khusus. Yang perlu lakukan hanyalah mengatur timer selama 5 atau 10 menit, lalu coba fokus pada sesuatu yang terjadi saat itu juga, misalnya pada pernapasanmu. Jika kami pribadi, sering kali fokus pada gesekan kulit sebagai cara meditasi.

Ada satu hal penting yang harus kamu pahami saat meditasi. Ketika kamu mencoba fokus pada satu hal, seperti pernapasan, pikiranmu pasti akan melayang ke mana-mana. Itu normal dan bagian dari meditasi.

Ketika kamu menyadari bahwa pikiranmu telah melenceng, kembalikan fokusmu ke pernapasan dan coba tahan fokus itu selama mungkin. Ini akan terus berulang—pikiranmu akan kembali melayang—dan setiap kali menyadari itu, kembalikan lagi fokusmu. Lkamikan ini hingga timer berhenti.

Kami yakin, jika kamu rutin meditasi selama tiga hari saja, misalnya sebelum tidur, fokusmu akan meningkat. Pikiran yang sebelumnya sering tiba-tiba buyar, terutama saat di kelas, akan berkurang, dan kualitasmu dalam menangkap pelajaran akan semakin baik. Menurutku, hal paling berharga dari meditasi adalah kejernihan pikiran. Setelah meditasi, fokusmu lebih tajam dan kamu bisa memahami suatu hal dengan lebih cepat.

Setelah kamu menyadari bahwa kualitas fokus kita menurun akibat algoritma media sosial, sudah saatnya untuk membatasi konsumsi konten, terutama video pendek, dan mulai mencoba meditasi. Coba praktikkan meditasi selama 5 menit, dan kamu mungkin langsung merasakan sedikit perubahan dalam fokus dan kejernihan pikiranmu.

Kategori :