5 Alasan Kenapa Minuman Manis Bisa Jadi Racun'Buat Anak

Minggu 15-09-2024,19:04 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

RADAR JABAR - Siapa yang nggak suka minuman manis? Anak-anak pasti suka banget sama minuman seperti teh manis, soda, atau jus buah kemasan. Rasanya yang menyegarkan bikin mereka ketagihan.

Tapi, tahukah kamu kalau di balik rasanya yang enak, minuman manis bisa jadi 'racun' buat anak-anak? Kandungan gula yang tinggi di dalamnya bisa membawa dampak negatif buat kesehatan si kecil.

Yuk, simak 5 alasan kenapa minuman manis bisa jadi 'racun' buat anak!

1. Menyebabkan Obesitas pada Anak

Minuman manis sering kali mengandung kalori yang sangat tinggi, tapi hampir nggak ada nilai gizinya. Saat anak-anak minum soda atau jus buah kemasan, mereka mengonsumsi kalori yang berlebihan tanpa merasa kenyang. Ini berbeda dengan makanan yang membuat perut penuh.

Karena nggak bikin kenyang, anak-anak jadi cenderung terus minum dan makan lebih banyak dari yang seharusnya.

BACA JUGA:6 Buah-Buahan Kaya Magnesium yang Bikin Sehat dan Bugar!

BACA JUGA:8 Tips Perawatan Rambut Sehat dan Berkilau yang Wajib Kamu Coba!

Akibatnya? Obesitas! Anak yang terlalu banyak minum minuman manis bisa mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan.

Obesitas pada anak bukan cuma masalah penampilan, tapi juga bisa membawa banyak masalah kesehatan serius, seperti risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung di masa depan. Jadi, hati-hati dengan kebiasaan minuman manis ini ya!

2. Meningkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 nggak cuma menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak. Salah satu penyebab utama penyakit ini adalah konsumsi gula yang berlebihan. Ketika anak-anak sering mengonsumsi minuman manis, tubuh mereka akan bekerja lebih keras untuk memproses gula.

Dalam jangka panjang, ini bisa mengganggu kerja insulin dan akhirnya meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Anak-anak yang terkena diabetes tipe 2 harus menjalani perawatan seumur hidup. Mereka harus menjaga pola makan dengan sangat ketat dan mungkin membutuhkan obat-obatan untuk mengontrol gula darahnya. Tentu kita nggak mau anak-anak harus menghadapi kondisi ini, kan?

BACA JUGA:5 Bahaya Gigi Berlubang Jika Dibiarkan

BACA JUGA:7 Buah Kaya Vitamin C untuk Tingkatkan Imunitas Selama Musim Hujan

3. Merusak Gigi

Anak-anak yang sering minum minuman manis seperti soda atau teh manis kemasan lebih rentan terkena gigi berlubang. Kandungan gula dalam minuman ini akan menempel di gigi dan menjadi makanan bagi bakteri di mulut.

Bakteri ini kemudian akan menghasilkan asam yang bisa merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Kategori :