Presiden Jokowi Lantik Saifullah Yusuf Atau Gus Ipul Sebagai Menteri Sosial Definitif

Rabu 11-09-2024,10:01 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial (Mensos) definitif menggantikan Tri Rismaharani yang maju dalam kontestasi Pilkada 2024.

Pelantikan ini berlangsung di Istana Negara, Jakarta, pada pukul 09.00 WIB berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 102B 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Dalam acara pelantikan tersebut, Saifullah Yusuf atau yang akrab disapa Gus Ipul mengucapkan sumpah jabatan yang dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD negara RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Gus Ipul.

 

BACA JUGA:Menteri AHY Kembali Gandeng World Bank untuk Sukseskan Program ILASP

BACA JUGA:Jubir Beberkan Syarat Jadi Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

 

Lebih lanjut, Gus Ipul berjanji untuk menjalankan tugas jabatan dengan penuh tanggung jawab dan menjunjung tinggi etika jabatan. Penunjukan Gus Ipul sebagai Mensos diharapkan dapat membawa perubahan positif di Kementerian Sosial dan membantu pemerintah dalam menangani berbagai permasalahan sosial di tanah air.

Profil Saifullah Yusuf

Gus Ipul saat ini menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan sekaligus Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Pria kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, 28 Agustus 1964 ini memiliki rekam jejak panjang di dunia politik.

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) pada periode pertama pemerintahan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur dari 2009 hingga 2019.

Gus Ipul merupakan keponakan Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Sebelum bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2001, Gus Ipul sempat menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan pada tahun 1999.

 

BACA JUGA:Jokowi Tegaskan Komitmen Indonesia Perkuat Kerja Sama dengan Afrika di Forum Tingkat Tinggi

Kategori :