Tidak Hanya Bau Ketiak, Bau Kaki Juga Bermasalah! Ini Cara Mengatasinya

Sabtu 24-08-2024,12:13 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

RADAR JABAR – Bau kaki merupakan masalah yang sering diabaikan, meskipun dampaknya bisa sangat mengganggu. Masalah ini, yang sering dikenal sebagai bromodosis, terjadi ketika kaki mengeluarkan aroma tidak sedap akibat kombinasi antara keringat berlebih dan bakteri.

Meskipun bau ketiak lebih sering menjadi perhatian, bau kaki juga bisa menurunkan rasa percaya diri dan kenyamanan seseorang, terutama dalam situasi sosial.

Berikut ini adalah beberapa penyebab utama bau kaki dan cara efektif untuk mengatasinya:

Penyebab Utama Bau Kaki

1. Keringat Berlebih

Kaki memiliki banyak kelenjar keringat yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, ketika produksi keringat berlebihan, terutama saat kaki tertutup sepatu dalam waktu lama, lingkungan lembap ini menjadi tempat ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri inilah yang menguraikan keringat menjadi asam yang menyebabkan bau tidak sedap.

BACA JUGA:Padahal Sering Pake Deodorant dan Sudah Mandi? Ternyata Ini 7 Penyebab Bau Ketiak dan Cara Mengatasinya

BACA JUGA:5 Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Tanpa Alat

2. Bakteri dan Jamur

Bakteri dan jamur, terutama jenis yang tumbuh subur di tempat yang lembap dan hangat, seperti kaki yang berkeringat, merupakan penyebab utama bau kaki. Saat keringat bercampur dengan bakteri, terbentuklah asam propionat yang memiliki bau menyengat.

3. Kebersihan Kaki yang Kurang

Kurangnya kebersihan kaki, seperti tidak mencuci kaki dengan benar atau tidak mengganti kaus kaki secara teratur, dapat memperburuk masalah bau kaki. Kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk juga bisa menjadi sarang bakteri dan jamur.

4. Jenis Sepatu dan Kaus Kaki

Sepatu yang terbuat dari bahan yang tidak dapat menyerap keringat dengan baik, seperti plastik atau karet, serta kaus kaki yang tidak menyerap kelembapan, dapat meningkatkan risiko bau kaki. Sepatu yang tidak berventilasi baik juga dapat menyebabkan penumpukan keringat.

Cara Efektif Mengatasi Bau Kaki

1. Menjaga Kebersihan Kaki

Langkah pertama dalam mengatasi bau kaki adalah menjaga kebersihan kaki. Cuci kaki setiap hari dengan sabun antibakteri, terutama di sela-sela jari, untuk menghilangkan bakteri dan keringat yang menumpuk. Keringkan kaki dengan baik sebelum mengenakan sepatu dan kaus kaki.

BACA JUGA:Ikuti 5 Tips Menghilangkan Bau Ketiak Paling Ampuh, Kamu Harus Tau!

BACA JUGA:7 Makanan Pengganti Nasi yang Bergizi, Alternatif Sehat untuk Diet!

2. Menggunakan Antiperspirant Kaki

Sama seperti antiperspirant yang digunakan di ketiak, antiperspirant kaki dapat membantu mengurangi keringat berlebih di area kaki. Produk ini mengandung aluminium klorida yang membantu menutup pori-pori dan mengurangi produksi keringat.

3. Memilih Sepatu dan Kaus Kaki yang Tepat

Gunakan sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti kulit atau kanvas yang memungkinkan kaki "bernapas".

Hindari penggunaan sepatu yang terlalu ketat atau tidak berventilasi. Selain itu, pilih kaus kaki yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat seperti katun atau wol. Gantilah kaus kaki setiap hari, atau lebih sering jika kaki Anda sangat berkeringat.

4. Menggunakan Bedak atau Deodoran Kaki

Kategori :