Mengenal 7 Hidangan Ikan Populer dari Berbagai Negara di Dunia

Rabu 21-08-2024,12:50 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Batagor

Batagor sama seperti pempek yakni mampu menembus peringkat lima besar daftar cemilan terbaik di dunia versi Taste Atlas. Jajanan khas Jawa Barat ini adalah olahan ikan yang terbuat dari tahu cokelat berisi bakso berbahan dasar ikan tenggiri.

 

Di Bandung, Jawa Barat, pedagang batagor sangat banyak sehingga mudah ditemukan, terutama di pedagang-pedagang kaki lima. Batagor dihidangkan bersama saus kacang gurih nan sedikit pedas, kecap, dan perasan jeruk limau untuk membuat aromnya kian wangi.

 

  1. Odeng

Masih di Asia tapi ke Korea Selatan, ada odeng kue ikan yang ditusuk dengan tusukan panjang sehingga berbentuk seperti usus yang lebar. Makanan ini adalah salah satu street food populer dari Korea Selatan.

  Sumber: Boyloso/tangkapan layar via iStock

Umumnya, odeng dijual bersama Tokpkki yang bericta rasa pedas. Kedua hidangan asal Negeri Ginseng ini biasanya disantap saat memasuki musim hujan.

 

BACA JUGA:Resep Ikan Teri Balado, Perpaduan Antara Pedas dan Gurih, Nikmat Banget

BACA JUGA:Cara Membuat Otak-Otak Ikan

 

  1. Fried Catfish

Dari Asia kita lanjut beralih ke Amerika Selatan dengan fried catfish. Makanan tradisional Amerika Selatan ini dibuat dari ikan lele filet yang direndam dalam buttermilk, lalu digulung dalam campuran tepung jagung, dan digoreng dalam minyak panas.

Kategori :