Sayur untuk Turunkan Kolesterol Tinggi Apa Saja? Ini 7 Rekomendasinya yang Ampuh dan Mudah Ditemukan

Senin 12-08-2024,20:02 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

 

6. Kubis

 

Kubis memuat senyawa bernama filosterol yang mirip seperti kolesterol. Penyerapan kolesterol dalam usus mampu dihambat oleh filosterol.

 

Sayuran berwarna putih dan hijau muda itu dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Supaya mendapatkan manfaat maksimal dari kubis, jangan memasak sayuran ini dengan cara digoreng atau ditumis menggunakan minyak secara berlebihan.

 

7. Lobak

 

Sayuran yang bisa dikonsumsi menurunkan kolesterol tinggi terakhir di daftar ini ialah lobak. Kandungan antioksidannya tinggi, termasuk katekin, vitamin C, asam vanilat, dan pirogalol, yang bisa membantu menurunkan kolesterol serta melindungi sel dari kerusakan.

 

Kandungan serat makanan dari lobak juga tinggi yang berkontribusi terhadap kesehatan pencernaan. Hal ini berpeluang mengurangi kolesterol LDL dengan mengikatnya dan membantu pembuangannya dari badan.

 

Itulah rekomendasi penurun kolesterol tinggi yang aman, efektif, dan mudah untuk didapatkan. Tetap ingat agar selalu olahraga dan menjaga pola hidup sehat, serta mengunjungi dokter untuk mendapatkan informasi dan penanganan lebih rinci soal kolesterol.

 

Sumber: detiksumut, Abott Nutrition, Kontan.co.id, detikhealth, Fimela.

Kategori :