Review Spesifikasi Asus ExpertBook B1400 Sebagai Laptop Andalan Pelaku UMKM

Senin 12-08-2024,20:19 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Belakangan ini, inovasi teknologi pada laptop mengalami perkembangan yang signifikan. Bentuknya semakin ringkas, tenaganya semakin kuat, dan jenisnya beragam untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang berbeda-beda.

Kali ini, telah hadir laptop bisnis terbaru dari Asus, yaitu ExpertBook B1400, sebuah laptop 14 inci yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis para pelaku UMKM, startup, hingga sekolah, serta dapat diandalkan sebagai laptop operasional.

Asus ExpertBook B1400 menawarkan berbagai kelebihan sebagai laptop bisnis. Salah satu alasan utamanya adalah sistem keamanannya yang mumpuni.

Konstruksi bodinya tangguh sehingga melindungi data di dalamnya agar tidak mudah rusak, serta dilengkapi dengan berbagai lapisan keamanan seperti enkripsi dan kemampuan sentralisasi manajemen yang dapat dikontrol oleh tim IT. Berikut adalah review Asus ExpertBook B1400 sebagai laptop yang digadang-gadang menjadi incaran para pembisnis UMKM.

Desain

Dari segi desain, kesan profesional langsung terasa ketika saya membuka kotak laptop ini. Laptop ini tampil sangat serius dalam balutan warna Star Black, yang terinspirasi dari alam semesta dengan bintang-bintang di langit malam.

Asus menggabungkan elemen arsitektur ke dalam desainnya dengan sudut-sudut yang khas untuk memberikan tampilan yang unik dan elegan. Perangkat ini memiliki dimensi yang ringkas dengan ketebalan 19,2 mm dan bobot hanya 1,45 kg.

BACA JUGA:Spesifikasi Asus Zenbook 17 Fold OLED: Laptop Lipat dengan Layar OLED 17.3 Inci

Konstruksinya tangguh dengan struktur khusus yang telah teruji tahan terhadap guncangan dan benturan, setelah mendapatkan sertifikasi lolos uji standar militer AS, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dimensi yang ringkas tersebut diperoleh berkat penggunaan NanoEdge Bezel dengan bingkai layar tipis 6,5 mm di sisi samping, yang menghasilkan rasio layar-ke-bodi mencapai 84 persen.

Layar

Layar 14 incinya memiliki resolusi Full HD dengan aspek rasio 16:9 dan telah tersertifikasi low blue light dari TÜV Rheinland. Asus menggunakan engsel ErgoLift yang memiringkan keyboard ke posisi mengetik yang lebih nyaman, serta memungkinkan layar dibuka hingga 180 derajat untuk memudahkan kolaborasi atau berbagi tampilan.

Walau ringkas, ExpertBook B1400 dilengkapi dengan keyboard berukuran penuh. Keyboard ini juga tahan terhadap percikan cairan, sehingga dapat mencegah kerusakan saat terkena tumpahan minuman.

Tentu saja, ada fitur NumberPad 2.0 yang menjadi daya tarik lainnya, yaitu keypad numerik dengan LED yang terintegrasi pada touchpad.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Laptop Asus Multitasking Gaming Editing Terbaik Pada 2024

Fitur ini menawarkan kemudahan dalam input data, dengan cara mengaktifkan atau menonaktifkannya cukup dengan menyentuh sensor di kanan atas touchpad dan menyentuh ikon di kiri atas untuk memilih salah satu dari dua tingkat kecerahan.

Performa

Untuk menangani kebutuhan bisnis dan penggunaan sehari-hari, ExpertBook B1400 ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-11 hingga Intel Core i7.

Kategori :