Prakiraan Cuaca BMKG Hari Ini: Tiga Belas Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Ringan

Senin 05-08-2024,07:47 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

RADAR JABAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memprakirakan sebanyak tiga belas wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan. Prakiraan ini disampaikan oleh Prakirawan BMKG Idhan Abubakar dalam video Prakiraan Cuaca BMKG yang dipantau melalui kanal YouTube BMKG di Jakarta, Senin.

Wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami hujan intensitas ringan antara lain Palembang (Sumatera Selatan), Lampung, Bengkulu, Serang (Banten), Jakarta, Samarinda (Kalimantan Timur), dan Gorontalo. "Berikutnya, Palu (Sulawesi Tengah), Makassar (Sulawesi Selatan), Ternate (Maluku Utara), Ambon (Maluku), Merauke (Papua), dan Jayapura (Papua)," kata Idhan.

Selain hujan intensitas ringan, terdapat tiga wilayah yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang, yakni Mamuju (Sulawesi Barat), Sorong (Papua), dan Nabire (Papua). Sementara itu, hujan berintensitas lebat diprakirakan terjadi di Manado (Sulawesi Utara).

 

BACA JUGA:BMKG Prediksi Sebagian Besar Wilayah di Indonesia Akan Diguyur Hujan, Simak Lengkapnya!

 

BMKG juga memprediksi kondisi cuaca berawan tebal di enam wilayah, yaitu Bandung (Jawa Barat), Yogyakarta, Semarang (Jawa Tengah), Surabaya (Jawa Timur), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), dan Banjarmasin (Kalimantan Selatan). "Untuk wilayah Bali dan juga Nusa Tenggara, Kota Denpasar, Mataram, dan Kota Kupang diprediksi berawan," tambah Idhan.

Prakiraan cuaca juga mencakup tiga daerah yang akan berawan tebal, yaitu Pekanbaru (Riau), Tanjung Pinang (Kepulauan Riau), dan Kendari (Sulawesi Tenggara).

 

BACA JUGA:BMKG Rilis Peringatan Hujan Lebat: Inilah Daerah-daerah yang Terkena Dampak

 

Menurut Idhan, informasi cuaca tersebut merupakan gambaran cuaca secara umum di masing-masing wilayah di Indonesia. Ia menambahkan bahwa masyarakat dapat mengetahui informasi terkini yang diperbaharui setiap 3 jam sekali melalui aplikasi Info BMKG. "Bagi sobat BMKG yang ingin mengetahui informasi cuaca secara khusus, yang diperbaharui setiap 3 jam di wilayah masing-masing, sobat dapat memantau cuaca lewat aplikasi Info BMKG yang dapat sobat mengunduh melalui App Store maupun Play Store," kata Idhan (*).

Kategori :