Kembali Sabet Prestasi, Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi Terima Penghargaan Satya Lencana Bhakti Inovasi Desa

Senin 15-07-2024,09:20 WIB
Editor : Erwin Mintara

RADAR JABAR - Dinilai telah berhasil mengimplementasikan berbagai inovasi yang kreatif dan berdampak positif di Kabupaten Majalengka, Penjabat Bupati Majalengka, Dedi Supandi diganjar penghargaan Satya Lencana Bhakti Inovasi Desa. 

 

Pemuliaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI pada acara pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXV, yang dipusatkan di Islamic Center Nusa Tenggara Barat (NTB)-Mataram, Senin, (15/07/2024).

 

"Penilaiannya dilakukan dari bulan Januari-Juni. Mulai masalah pembenahan data-data potensi desa, aset desa dan inovasi yang dilakukan di desa. Baik itu menyangkut digitalisasi, bumdes, infrastruktur lalu dijadikan penilaian," kata Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi.

 

Mantan kadis DPMDesa Jabar itu menjelaskan SDGs Desa merupakan upaya terpadu sebagai alternatif aksi percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di tingkat desa.

 

Adapun salah satu program Pemkab Majalengka melalui TP PKK untuk memaksimalkan potensi desa, di antaranya, melalui sapa, usaha rakyat, aksi, dan berbagi informasi (Surabi).

 

Diketahui, program Surabi bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk-produk unggulan, dan mendorong para pelaku UMKM di desa-desa memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

 

"Pelayanan ini melibatkan Mobil Sakocepat dari DPMPTSP Kabupaten Majalengka yang dibuat saat program Surabi dilaksanakan, dan langsung jadi hari itu juga," kata Dedi Supandi.

 

Dedi menjelaskan, kolaborasi, inovasi, dan transparansi merupakan kunci utama untuk meningkatkan pembangunan di desa, sehingga program Surabi pun melibatan berbagai perangkat daerah.

Tags :
Kategori :

Terkait