8 Bahaya Kulit Ayam Jika Dikonsumsi Berlebihan, Resiko Diabetes dan Kanker

Kamis 28-12-2023,11:27 WIB
Reporter : Cucun siti Maryam
Editor : Cucun siti Maryam

RADAR JABAR - Kulit ayam, dengan kelezatan dan kecrispyannya, sering menjadi bagian favorit dari hidangan ayam. Namun, seperti halnya makanan lainnya, mengonsumsi kulit ayam secara berlebihan dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Artikel ini akan membahas bahaya kulit ayam jika dikonsumsi berlebihan dan dampaknya pada tubuh.

 

1. Kandungan Lemak Tinggi

Kulit ayam dikenal mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan gangguan kesehatan kardiovaskular lainnya.

Oleh karena itu, konsumsi kulit ayam dalam jumlah berlebihan dapat berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit jantung.

 

2. Kandungan Kalori yang Tinggi

Kulit ayam juga kaya akan kalori. Memakan terlalu banyak kalori tanpa melakukan aktivitas fisik yang cukup dapat menyebabkan penumpukan lemak dan berkontribusi pada masalah obesitas.

Obesitas, pada gilirannya, dapat menjadi faktor risiko untuk berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker.

 

BACA JUGA:Bahaya Vape bagi Kesehatan, Ketahui Resikonya!!

 

3. Risiko Diabetes Tipe 2

Konsumsi kulit ayam yang berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Lemak jenuh dalam kulit ayam dapat menyebabkan resistensi insulin, suatu kondisi di mana tubuh tidak merespons insulin dengan baik.

Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan kadar gula darah dan berkontribusi pada perkembangan diabetes tipe 2.

 

4. Tingginya Kandungan Sodium

Kulit ayam yang biasanya diolah atau digoreng dapat mengandung jumlah sodium yang tinggi. Konsumsi sodium berlebihan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung dan stroke.

Penting untuk memperhatikan asupan sodium agar tetap dalam batas yang direkomendasikan oleh ahli gizi.

 

5. Peningkatan Risiko Kanker

Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi daging yang diolah, termasuk kulit ayam yang digoreng atau dipanggang dengan suhu tinggi, dapat meningkatkan risiko kanker, terutama kanker usus.

Proses memasak pada suhu tinggi dapat menghasilkan senyawa karsinogenik, yang dapat berkontribusi pada perkembangan sel kanker.

 

6. Peningkatan Kadar Garam

Kulit ayam yang diasinkan atau diproses sering kali mengandung jumlah garam yang tinggi. Konsumsi garam berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Tags : #kulit ayam
Kategori :