37 Fakta Negara Israel, Adat Istiadat, dan Kehidupan Unik Warganya

Selasa 07-11-2023,10:07 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

23. Topi yang dikenakan oleh pria Yahudi dikenal sebagai kippah, terbuat dari kain atau wol, dan menjadi simbol bahwa Tuhan selalu ada di atas pemakainya.

24. Tingkat kesuburan di Israel cukup tinggi, dengan rata-rata tiga anak per wanita. Khususnya, orang Yahudi Ultra-Ortodoks cenderung memiliki rata-rata tujuh anak per wanita.

25. Rata-rata gaji di Israel melebihi Rp45 juta per bulan, dan biaya hidup juga relatif tinggi. Meskipun ada keyakinan yang tersebar bahwa semua orang Yahudi kaya, ini lebih merupakan mitos yang disebarkan sebagai bagian dari propaganda dari kelompok dan negara tertentu.

26. Meskipun benar bahwa banyak orang kaya berasal dari keluarga Yahudi, seperti Serge Brin, salah satu pendiri Google, atau Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, di Amerika Serikat, orang Yahudi hanya sekitar 4 atau 5% lebih kaya dari rata-rata.

27. Orang Israel mengonsumsi sekitar 23 juta sufganiyot selama festival keagamaan Hanukkah, yang merupakan donat bundar yang digoreng terlebih dahulu, diisi dengan selai atau krim, dan ditutup dengan gula icing.

28. Israel adalah negara dengan jumlah museum terbanyak di dunia berdasarkan populasi, dengan 280 museum dan terus bertambah.

29. Di kota Ashkelon, ditemukan pemakaman anjing kuno terbesar dengan lebih dari 1300 kerangka anjing, sebagian besar anak anjing dari ras Kanaan, yang terkubur antara abad ke-5 dan ke-3 sebelum Masehi.

30. Di Israel, ketika seorang anak mencapai tahap kedewasaan pribadi, mereka merayakan Bar Mitzvah, sebuah upacara di mana anak tersebut membaca kitab suci secara terbuka.

BACA JUGA:Fenomena Yahudi Pesek di Indonesia dan Buzzer Sewaan Israel

31. Israel mewajibkan semua rumah memiliki ruang keamanan atau bunker yang mampu menahan serangan dengan senjata kimia dan biologi.

32. Di Yerusalem, Anda dapat mengunjungi Danau Garam Laut Mati yang terletak 435 meter di bawah permukaan laut.

33. Meskipun populasi relatif sedikit, negara ini telah menghasilkan delapan pemenang Hadiah Nobel dalam bidang sains.

34. Di Israel, tidak ada pernikahan sipil yang diakui meskipun Kementerian Dalam Negeri mengakui pernikahan sipil yang dilangsungkan di luar perbatasannya. Satu-satunya pernikahan yang diakui adalah pernikahan agama, terlepas dari agama yang dianut.

BACA JUGA:9 Jenis Baju Khas Orang Yahudi di Berbagai Belahan Dunia

35. Tahun baru di Israel, atau Rosh Hashanah, dirayakan pada bulan September atau Oktober, tergantung pada bulan Ibrani, untuk memperingati hari ketika Tuhan menciptakan dunia. Perayaan dimulai dengan tiupan shofar, tanduk domba jantan.

36. Israel memiliki 180 restoran McDonald's, di mana hanya 50 di antaranya berada di bawah pengawasan halal. Restoran tersebut tutup pada hari Sabat dan hari raya Yahudi. McDonald's halal pertama di dunia dibuka pada Oktober 1995 di Israel.

Kategori :