37 Fakta Negara Israel, Adat Istiadat, dan Kehidupan Unik Warganya

Selasa 07-11-2023,10:07 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

7. Israel menjadi salah satu negara paling maju secara teknologi, dengan lebih dari 4000 perusahaan di sektor teknologi. Sebanyak 60 dari 500 perusahaan teknologi terbesar di dunia berbasis di Israel, menduduki peringkat setelah Amerika Serikat dan Cina. Pekerja dan perusahaan Israel telah berperan dalam pengembangan perangkat keras dan produk untuk perusahaan-perusahaan besar seperti Apple, Google, Intel, dan Microsoft.

8. Israel merupakan negara dengan jumlah siswa terbanyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi, berada tepat di belakang Kanada. Perguruan tinggi di Israel berfungsi sebagai pusat pembelajaran dan penelitian, mengajarkan mahasiswa untuk memiliki inisiatif, melakukan uji coba, dan memperoleh keterampilan kewirausahaan.

9. Saat berkunjung ke Israel, sebaiknya hindari membicarakan politik, mengingat sejarah dan konflik yang melibatkan Israel dan komunitas Yahudi. Hal ini merupakan subjek yang rumit dan dapat menimbulkan kesalahpahaman.

10. Disarankan juga untuk mengetahui makanan yang diperbolehkan dalam tradisi Yahudi. Hewan ruminansia yang memiliki kuku terbelah dan tidak menyeret diri melalui pasir dianggap halal, seperti sapi dan domba. Namun, hewan seperti kelinci, unta, dan babi tidak boleh dimakan, juga tidak boleh menggunakan produk yang berasal dari mereka. Selain itu, ada aturan lain seperti konsumsi makanan halal harus dibuat oleh orang Yahudi, larangan mencampur daging dengan susu, serta menggunakan peralatan dapur yang terpisah untuk memasak makanan tertentu.

11. Hindari menyentuh lawan jenis orang Yahudi Ortodoks karena aturan dalam hukum Yahudi Ortodoks melarang kontak fisik dengan lawan jenis kecuali dengan suami/istri, kerabat, atau anak.

12. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Israel. Hindari menjelajahi alam karena negara ini sedang dalam konflik, dan ada kemungkinan ranjau di beberapa area.

13. Berpakaianlah sopan tanpa terlihat berlebihan, terutama di tempat-tempat yang dianggap keramat.

14. Hindari membawa buku agama atau buku yang ditulis dalam bahasa Arab, karena hal ini dapat menimbulkan kecurigaan.

15. Saat makan di restoran, dianjurkan untuk meninggalkan tip yang cukup, karena para pelayan bergantung pada tip lebih dari pada gaji mereka. Sebaiknya tinggalkan 15% atau lebih dari harga makanan jika layanan yang diberikan memuaskan, dan minimal 10% jika tidak puas.

16. Yerusalem dianggap sebagai kota suci oleh tiga agama besar dunia: Kristen, Islam, dan Yahudi. Aturan etiket akan bervariasi tergantung pada interaksi Anda. Sebagian besar penduduk berperilaku barat, namun terdapat juga penduduk yang beragama Islam.

17. Hindari menggunakan tangan kiri karena dianggap tidak suci bagi orang Israel dan hanya digunakan untuk kebersihan pribadi.

18. Pemakaman Yahudi di Bukit Zaitun adalah salah satu yang tertua di dunia, dengan lebih dari 150.000 makam, beberapa di antaranya berusia lebih dari 1000 tahun.

19. Tembok Ratapan dianggap tempat tersuci dalam Yudaisme karena merupakan bagian dari Bait Suci kedua. Orang Yahudi sangat menghormati tembok ini dan banyak yang berdoa di sana, memasukkan gulungan kertas berisi doa di celah-celah batu tembok.

20. Layanan pos Israel memiliki bagian khusus untuk surat kepada Tuhan. Semua surat yang ditujukan kepada Tuhan yang tiba di Yerusalem dari seluruh dunia dibuka dan ditempatkan di celah-celah Tembok Barat.

21. Ada kuil Kristen yang paling suci, yaitu Gereja Makam Suci atau Gereja Kebangkitan, di mana tempat Yesus Kristus ditempatkan setelah penyaliban. Tempat ini telah ada selama berabad-abad. Hanya dua keluarga Arab yang memiliki hak istimewa untuk membuka dan menutup pintu masuk utama basilika ini.

22. Israel juga menjadi rumah bagi Yahudi ultra-Ortodoks yang mudah dikenali dari setelan hitam mereka, topi serasi, janggut lebat, dan kuncup panjang yang dikenal sebagai Payot.

Kategori :