37 Fakta Negara Israel, Adat Istiadat, dan Kehidupan Unik Warganya

Selasa 07-11-2023,10:07 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR - Israel adalah mungkin negara paling kontroversial meskipun ukuran populasi dan wilayahnya yang relatif kecil. Negara ini menyimpan sejarah kemanusiaan yang memilukan di Eropa dan di tanah yang mereka tempati saat ini.

Bagaimana kehidupan orang Israel? Apa adat istiadat dan tradisi orang Yahudi? Apa yang perlu dihindari ketika mengunjungi Israel? Kami akan merangkum semua fakta unik dan mungkin akan membuat kalian tercengang.

Israel terletak di Asia Barat, dikelilingi oleh Laut Tengah, Lebanon, Suriah, Palestina, Yordania, dan Mesir. Selain itu, Israel dikelilingi oleh dua wilayah otonom Palestina, yaitu Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Dengan populasi sekitar 7,5 juta jiwa, Israel adalah satu-satunya negara Yahudi di dunia. Mata uangnya adalah Shekel Israel yang juga berlaku di wilayah Palestina, yaitu Tepi Barat dan Jalur Gaza.

BACA JUGA:Keluarga Bapak Zionisme Theodor Herzl Mati Tragis Sebelum Negara Israel Berdiri

Satu Shekel setara dengan sekitar 45 Rupiah. Misalnya, harga tiket dari Jakarta ke Israel sekitar Rp7 juta untuk sekali perjalanan tergantung kebijakan.

Bagi warga negara Indonesia yang ingin berkunjung ke Israel, diperlukan visa. Kota Tel Aviv adalah ibu kota yang diakui PBB dan negara-negara lain, meskipun pemerintah Israel saat ini berada di Yerusalem. Uniknya, Israel sendiri tidak menganggap Yerusalem sebagai ibu kota mereka.

37 Fakta Negara Israel

Berikut ini adalah 37 Fakta Israel yang merupakan negara mayoritas Yahudi terbesar di dunia, juga bisa menjadi referensi tempat wisata Anda di luar negeri.

1. Israel adalah salah satu negara berdaulat termuda di dunia, merdeka pada tahun 1948 setelah Perang Arab-Israel pada periode yang sama.

BACA JUGA:Sejarah Lengkap Zionisme dan Bukti Kelicikan Zionis Yahudi Merebut Tanah Palestina

2. Sebagai satu-satunya negara Yahudi di dunia, Israel telah sukses karena beberapa alasan. Setelah orang Babilonia menaklukkan Kerajaan Yehuda, sebagian orang Yahudi dideportasi ke berbagai tempat di mana mereka menjadi minoritas, yang pada akhirnya mendorong mereka untuk berkembang meskipun dalam populasi yang kecil.

3. Negara ini memiliki salah satu tentara terkuat di dunia, melampaui negara-negara dengan populasi lebih besar seperti Kanada, Spanyol, Vietnam, Thailand, Meksiko, atau Argentina. Tentaranya termasuk di antara 20 tentara terkuat di dunia.

4. Negara Israel diperkirakan memiliki antara 80 hingga 410 hulu ledak nuklir dan rudal balistik dengan jangkauan antar benua dan menengah. Mereka juga terkenal dalam desain dan produksi drone.

5. Saat berada di Israel, ketika Anda berjalan di sekitar Yerusalem, pantai, atau menonton televisi, melihat orang-orang bersenjata sebaiknya tidak memicu kepanikan.

6. Kehadiran senjata adalah bagian dari kewajiban militer di sana. Warga Israel sering melakukan aktivitas sehari-hari sambil membawa senjata dan mengenakan pakaian militer.

Kategori :