10 Bahaya Menahan Buang Air Kecil

Kamis 26-10-2023,11:19 WIB
Reporter : Eka Nuryanti Dewi
Editor : Eka Nuryanti Dewi

 

4. Masalah Prostat pada Pria

Pria yang sering menahan buang air kecil juga berisiko mengalami masalah prostat. Prostat adalah kelenjar yang berada di sekitar uretra pria, dan ketika urine tertahan dalam uretra untuk waktu yang lama, bisa menyebabkan peradangan atau pembesaran prostat.

Ini dapat mengganggu aliran urine dan menyebabkan gejala seperti sering buang air kecil, rasa sakit, atau kesulitan buang air kecil.

 

5. Gangguan Kesehatan Pada Anak

Penting juga untuk tidak mengajarkan anak-anak untuk menahan buang air kecil. Saat anak menahan diri untuk buang air kecil, mereka bisa mengalami infeksi saluran kemih, gangguan kandung kemih, atau masalah pengendalian kandung kemih di masa depan.

Oleh karena itu, penting untuk mendukung kebiasaan buang air kecil yang sehat sejak usia dini.

 

BACA JUGA:Kandungan dan Manfaat yang Dimiliki Tebu Bagi Kesehatan, Begini Cara Mengonsumsinya!

 

6. Kerusakan Saraf Kandung Kemih

Pada kasus yang ekstrem, menahan buang air kecil berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan kerusakan saraf kandung kemih.

Ini dapat mengganggu kemampuan kandung kemih untuk berkontraksi dan mengembang sebagaimana mestinya, dan pada akhirnya, seseorang mungkin tidak lagi dapat mengendalikan buang air kecil.

 

7. Tekanan Darah Meningkat

Menahan buang air kecil juga dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Ketika urine tertahan dalam kandung kemih, volume darah dalam tubuh Anda akan meningkat, dan hal ini dapat meningkatkan tekanan darah.

Jika tekanan darah tinggi tidak diobati, ini bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung atau stroke.

 

8. Kehilangan Keseimbangan Elektrolit

Ketika Anda menahan buang air kecil, Anda juga bisa kehilangan sejumlah elektrolit penting, seperti kalium dan natrium, yang dikeluarkan dari tubuh melalui urine.

Kategori :