9 Rekomendasi Film Tentang Konflik Israel vs Palestina Paling Menegangkan dan Menyayat Hati

Selasa 17-10-2023,11:05 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

RADAR JABAR – Konflik antara Israel dan Palestina menginspirasi para sineas untuk menciptakan film berlatar belakang konflik kedua negara tersebut.

Hingga saat ini, perang terus berkecamuk dan telah menewaskan banyak warga sipil di tanah Palestina maupun Israel.

Rekomendasi film berlatar belakang keadaan Israel dan Palestina ini akan kami berikan sebagai gambaran situasi maupun pedihnya kehidupan di tanah konflik.

Namun perlu diketahui, sederet film ini mempunyai rating tertentu yang artinya tidak semua cocok ditonton oleh anak-anak karena menampilkan beberapa adegan kekerasan.

9 Film Tentang Konflik Palestina dan Israel

Berikut adalah rekomendasi 9 film berlatar belakang tentang konflik Israel dan Palestina terbaik yang bisa Anda tonton di situs resmi masing-masing film.

1. Omar

Film asli Palestina ini menceritakan tentang Omar, seorang pembuat roti, bersama kedua sahabatnya, Thariq dan Abjad, ingin berkontribusi pada tanah airnya dengan cara melawan Israel. Omar menjalin hubungan asmara dengan Nadia, adik dari Thariq, dan berencana untuk menikah.

BACA JUGA:8 Rekomendasi Drama Korea yang Wajib Tonton Pada Saat Cuaca di Indonesia Panas Begini

Namun, saat menjalankan sebuah misi, Omar dan kedua sahabatnya dicegat oleh tentara Israel. Kedua sahabatnya berhasil melarikan diri, sedangkan Omar ditangkap, dipenjara, dan disiksa untuk mendapatkan informasi mengenai kelompok perlawanan yang ia ikuti.

Konflik dalam film ini semakin kompleks ketika seorang agen Israel yang licik bernama Ramee, menawarkan kerjasama kepada Omar. Omar harus menjadi mata-mata untuk Israel sebagai imbalan pembebasan dari penjara.

2. Fauda

Serial asal Israel ini berlatar belakang di Tepi Barat Palestina dan mengisahkan Doron, seorang agen rahasia Israel yang kembali dari masa pensiun untuk misi memburu pejuang Palestina yang dikenal sebagai "the Panther" atau "si Macan Kumbang."

The Panther adalah sosok penting dalam partai Hamas yang dianggap sangat berbahaya oleh pemerintah Israel. Doron menyamar sebagai warga Palestina untuk menjalani misinya. Serial ini penuh dengan konflik dan aksi menarik, dengan alur cerita yang menggugah emosi.

Fauda juga memberikan wawasan lebih dalam terkait konflik Israel-Palestina, memungkinkan penonton untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda.

3. Huda's Salon

Film berlatar belakang negara Palestina ini memiliki cerita yang mengejutkan dan mengandung sindiran terhadap berbagai isu. Menceritakan wanita bernama Reem, seorang ibu muda yang menghadapi kejadian tidak terduga saat mengunjungi salon yang berada di dekat tembok perbatasan Palestina-Israel.

Di salon, Reem bertemu dengan Huda, pemilik salon yang ramah. Namun, suasana berubah drastis ketika Reem tanpa diduga jatuh ke dalam perangkap Huda. Film ini mengeksplorasi pengkhianatan, intrik, dan konflik internal dengan cara yang membuat penonton merasa emosi seperti kesal, marah, dan bingung.

4. Kingdom of Heaven

Film ini terinspirasi oleh peristiwa sejarah Perang Salib Pertama pada abad ke-12. Perang ini melibatkan umat Islam yang dipimpin oleh Salahuddin Al Ayyubi, yang dikenal juga sebagai Sultan Salah Din.

Kategori :