9 Manfaat Buah Bengkuang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan!

Kamis 28-09-2023,20:56 WIB
Reporter : Eneng Suryani
Editor : Eneng Suryani

 

Radar Jabar - Buah bengkuang, dengan nama ilmiah Pachyrhizus erosus, adalah salah satu buah yang kaya akan manfaat kesehatan.

Buah ini sering digunakan dalam berbagai hidangan Asia, terutama sebagai bahan pelengkap makanan. Selain rasanya yang segar dan renyah, bengkuang memiliki sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Berikut Beberapa Manfaat Utama Buah Bengkuang

1.Mencegah Dehidrasi

Buah bengkuang mengandung tinggi air, yang dapat membantu mencegah dehidrasi dan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, antioksidan, serta nutrisi seperti kalium dan mangan dalam buah bengkuang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kalium membantu mengatur tekanan darah, sedangkan serat membantu mengontrol kadar kolesterol.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Bengkuang mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah risiko terkena penyakit kanker. Antioksidan ini melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah bengkuang dapat membantu mengurangi nafsu makan, sehingga membantu dalam program penurunan berat badan.

5. Melancarkan Pencernaan

Serat dalam bengkuang juga membantu melancarkan pencernaan. Ini dapat mencegah sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

 

BACA JUGA:7 Rekomendasi Buah untuk Membantu Menurunkan Gula Darah di Tubuh

 

6. Meningkatkan Kesehatan Kulit dan Fungsi Otak

Bengkuang mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6, folat, dan lainnya. Vitamin C membantu produksi kolagen untuk kesehatan kulit, sedangkan vitamin B6 dan folat mendukung fungsi otak yang optimal.

7. Meringankan Gejala Menopause

Serat dalam buah bengkuang dapat membantu meringankan beberapa gejala menopause, seperti hot flash dan ketidaknyamanan hormonal.

 

BACA JUGA:5 Resep Jus Buah Berkhasiat untuk Penderita Asam Urat dan Darah Tinggi

 

8. Mengontrol Gula Darah

Kategori :