Review Mobil Seksi Toyota Prius 2023 Terbaru, Lengkap dari Mesin, Eksterior hingga Interior

Selasa 08-08-2023,11:52 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Di bagian bawah, tidak terlihat ujung knalpot, tetapi ada sensor parkir yang terintegrasi dengan baik. Melihat bagian kargo, di sini Prius kehilangan sedikit ruang dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Anda mendapatkan total 20,3 kaki kubik ruang kargo, yang berkurang sekitar enam kaki kubik dibandingkan generasi sebelumnya.

Anda dapat melipat area kargo di sini untuk memperluas ruang kargo menjadi sekitar 27 kaki kubik, yang lebih rendah dibandingkan beberapa hatchback tradisional lainnya dalam segmen ini. Di bawah sini tidak ada ban cadangan, hanya ada banyak styrofoam dan kit perbaikan ban.

Secara keseluruhan, Prius masih merupakan kendaraan praktis, meskipun Toyota menawarkan hibrida lain jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang dan kenyamanan.

Interior Mobil

Mari kita bahas interior Toyota Prius generasi kelima yang sepenuhnya baru. Sebelum itu, mari saya tunjukkan kunci pintunya. Kunci ini memiliki tombol tekan yang mengaktifkan fungsi kunci pintar dari Toyota. Terdapat tulisan "Prius" di bagian belakang kunci ini.

Anda dapat melihat tombol-tombol standar untuk mengunci, membuka, membuka pintu belakang (hanya pada trim terbatas), dan tombol panik. Jika Anda memiliki aplikasi Layanan Terhubung Toyota, Anda juga dapat menggunakan smartphone sebagai kunci melalui sistem kunci digital.

Ini adalah fitur yang bagus. Ketika saya mendekati kendaraan, Anda akan melihat pegangan pintu konvensional. Ketika disentuh, kendaraan mengeluarkan suara baru yang memberi kesan segar. Ini menunjukkan komitmen Toyota untuk membuat Prius generasi ini berbeda dari yang sebelumnya.

Masuk ke dalam kendaraan, Anda akan melihat interior dengan kombinasi warna bir tangki dan interior abu-abu muda softex. Ini adalah bahan kulit sintetis yang lembut, lentur, dan tahan lama. Kursi juga memiliki pemanas dan pendinginan.

Hanya trim terbatas yang memiliki kursi pendinginan. Ada kursi pengemudi dengan 8 penyesuaian arah dan dukungan lumbar dua arah, serta memori untuk dua pengemudi. Kursinya nyaman dan dukungan, terlihat menarik. Anda juga bisa mendapatkan interior hitam, tetapi saya menyukai abu-abu muda ini karena memberikan tampilan kontras yang baik.

Panel pintu memiliki area plastik injeksi lembut dengan warna yang lebih terang. Pada area siku, ada area empuk tempat Anda bersandar. Jendela-jendela dapat dioperasikan dengan sentuhan satu kali, tombolnya berkualitas tinggi dan bercahaya. Di bagian bawah, terdapat plastik keras dengan ruang penyimpanan. Meskipun pertama kali melihatnya, interior terasa bagus.

Ketika Anda masuk, Anda akan melihat kaca depan yang curam, membutuhkan Anda menundukkan kepala untuk masuk. Ketika pintu ditutup, pintunya mengeluarkan bunyi yang kokoh. Interior ini sedikit mengingatkan pada bz4x.

Namun, beberapa mungkin perlu waktu untuk terbiasa dengan tampilan layar imid ini. Saat Anda menekan tombol start-stop, kendaraan menyala dengan suara khas mobil hibrida. Layar instrumen menampilkan "EV" dan "siap".

Layarnya memiliki ukuran 7 inci, sementara trim atas memiliki layar 12,3 inci dengan fitur audio multimedia. Layar ini termasuk pembaruan nirkabel dan Apple CarPlay serta Android Auto nirkabel. Setir juga diambil dari bz4x, dengan posisi rendah agar tidak menghalangi layar.

Kontrol pengaturan tampilan terletak di setir, termasuk informasi perjalanan dan mode pengemudi. Kontrol Toyota Safety Sense 3.0 juga ada di setir, termasuk kontrol adaptif cruise control dan pengereman darurat otomatis.

Meskipun klakson terdengar kecil, kualitas bahan bagian atas bagus, tetapi beberapa trim terasa sedikit renggang. Lampu aksen LED biru memberi sentuhan futuristik.

Kontrol iklim satu zona terletak di tengah, bersama dengan pengisian nirkabel untuk ponsel. Transmisi CVT dikendalikan melalui plastik hitam piano.

Kategori :