Review Lengkap: Spesifikasi Xiaomi Pad 6 dengan Semua Performa yang Ada, Harga Super Murah!

Selasa 08-08-2023,10:38 WIB
Reporter : Wanda Novi
Editor : Wanda Novi

Dalam pengujian grafis dengan 3DMark, skor Extreme Unlimited mencapai 8.625. Pada pengujian terhadap stres live, core dasar mencapai 3559 dengan skor logo mencapai 373, dan stabilitasnya mencapai 86,3% pada JFX Band. Pada uji grafik 3DMark 3.1 1080p off-screen, mencapai 94 FPS.

Kinerja Snapdragon 870 yang ada pada Xiaomi Pad 6 masih tetap mengesankan, meskipun merupakan sistem on-chip (SoC) yang telah berusia lebih dari 2 tahun. Terutama, ketika dipasangkan dengan layar 144Hz pada tablet dengan harga sekitar 4 jutaan rupiah.

BACA JUGA:Review Xiaomi Redmi Note 13 Pro: Pesaing Berat bagi iPhone dan Nokia, Harganya Cuma 3 Juta!!

Untuk pengujian gaming, Subway Surfer mampu berjalan mulus pada refresh rate 144Hz dengan frame rate yang stabil di sekitar 144 FPS. Pada Real Racing 3, frame rate berkisar antara 118-144 FPS. Mobile Legends, yang dapat berjalan pada 120 FPS, menunjukkan frame rate yang konsisten di atas 100 FPS, bahkan hampir mencapai 110 FPS.

Pada COD Mobile, frame rate stabil di sekitar 60 FPS karena batas setting yang ada. Pada PUBG Mobile, frame rate konsisten di atas 55 FPS dengan pengaturan 60 FPS, namun saat ada pertempuran, bisa turun hingga sekitar 45 FPS.

Secara keseluruhan, Xiaomi Pad 6 menunjukkan performa yang memadai untuk berbagai jenis game, terutama dengan setting yang tinggi, dan memberikan pengalaman bermain yang nyaman dalam jangka waktu yang cukup lama.

Kamera

Mari kita lihat hasil kamera utama pada Xiaomi Pad 6. Kamera utamanya mampu merekam dalam resolusi 4K 30fps, dan yang sedang Anda lihat sekarang adalah hasil rekaman dalam resolusi tersebut. Detail yang dihasilkan sangat tinggi.

Selain itu, juga mampu merekam dalam resolusi Full HD 60fps, menunjukkan fleksibilitasnya. Saat dilakukan pengujian dengan goyangan tangan, Anda bisa melihat bahwa tablet ini memiliki Electronic Image Stabilization (EIS) yang luar biasa saat merekam dalam 4K 30fps.

Saat tablet digoyangkan, Anda akan melihat efek-efek yellow yang menandakan karakteristik dari EIS tersebut. Hal ini membantu menjaga stabilitas video saat merekam, terutama saat bergerak.

Sekarang, kita melihat hasil kamera selfie pada Xiaomi Pad 6. Video selfie ini direkam dalam resolusi Full HD 30fps. Sayangnya, resolusinya terbatas pada titik tersebut, namun kualitasnya tetap sangat baik. Detail yang dihasilkan tinggi, dan yang menarik adalah bahwa video ini tetap stabil saat saya bergerak. Hal ini menunjukkan adanya Electronic Stabilization yang berguna saat merekam video secara mobile, seperti saat jalan-jalan atau vlogging menggunakan tablet.

Sekarang, mari kita dengarkan suara langsung dari mikrofon tablet ini. Saya tidak menggunakan mikrofon eksternal. Perlu dicatat bahwa Xiaomi Pad 6 memiliki empat mikrofon yang seharusnya dilengkapi dengan fitur noise canceling.

Hal ini berguna untuk menghilangkan kebisingan di latar belakang dan memastikan suara tetap terdengar jelas, terutama di lingkungan yang bising. Sekarang, kita mencoba mikrofon ini di luar ruangan dengan latar belakang yang ramai.

Baterai

Mari lanjutkan ke pengujian baterai. Dalam uji lokal pemutaran video 1080p, tablet ini mampu bertahan selama sekitar 23 jam, yang merupakan hasil yang sangat baik untuk sebuah tablet dengan layar besar seperti ini. Hasilnya tetap serupa ketika menggunakan keyboard cover, meskipun layar tetap berjalan pada refresh rate 30Hz karena videonya berjalan pada 30fps.

Dalam uji streaming YouTube pada 1080p 30fps (non HDR), baterai hanya berkurang 2% dalam setengah jam. Dalam uji streaming Netflix dengan Dolby Vision selama 30 menit, baterai berkurang sekitar 4%. Untuk penggunaan TikTok selama setengah jam, baterai juga berkurang sekitar 4%, yang menunjukkan hasil yang cukup baik.

Dalam uji game Genshin Impact dengan setting tinggi 60fps, baterai berkurang 11% dalam setengah jam. Ini menunjukkan efisiensi baterai yang baik dalam penggunaan berat.

Kategori :