Jangan Malas Gowes! Ini 10 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Jika Rutin Dilakukan

Sabtu 08-07-2023,20:58 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Radar Jabar - Apakah kamu termasuk yang malas untuk gowes? Jika iya sebaiknya stop kebiasaan buruk itu. Soalnya ada banyak manfaat bersepeda untuk kesehatan apabila kamu rutin melakukannya.

Beberapa orang mungkin pernah malas gerak (mager) sehingga memilih untuk tidak menjalankan kegiatan itu. Padahal bersepeda secara konsisten bisa memberikan manfaat kesehatan.

Aktivitas mudah nan murah meriah ini sebaiknya rutin dilakukan tiga kali seminggu selama sekitar 30 menit. Lantas apa saja manfaatnya? Melansir dari Kontan.co.id berikut 10 manfaat bersepeda.

 

1. Mengawali Hari dengan Hal Positif

Manfaat bersepeda pertama adalah bisa Anda jadikan aktivitas untuk memulai hari dengan positif dan sehat. Memulai hari dengan gowes bisa membuat tubuh bugar dan pikiran jadi lebih positif.

 

2. Memperkuat Otot Kaki

Bersepeda mampu memperkuat otot kaki tanpa membebani persendian. Bahkan juga dapat mengecangkan paha depan dan belakang, betis, serta (maaf) bokong.

Dengan begitu manfaat dari bersepeda pun meningkatkan fungsi bagian bawah tubuh.

 

3. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Kekuatan Otak

Manfaat berikutnya adalah bisa mengelola stres, depresi, atau kecemasan. Olahraga seperti bersepeda mampu mendorong pelepasan endorfin dalam tubuh sehingga tingkat stress turun.

Bersepeda pun dapat meningkatkan konsentrasi dan kesadaran. Sementara itu menurut studi juga aktivitas ini dapat meningkatkan fungsi kognitif bagi lansia.

Cobalah bersepeda setidaknya 10 menit saat Anda merasa lesu atau merasa otak tidak mampu berpikir dengan baik.

Kategori :