Jangan Malas Gowes! Ini 10 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Jika Rutin Dilakukan

Sabtu 08-07-2023,20:58 WIB
Reporter : Muhammad Fajar Rivaldi
Editor : Muhammad Fajar Rivaldi

Menurunkan risiko penyakit diabetes juga manfaat dari bersepeda. Melakukannya dengan rutin menjadi salah satu opsi cara untuk mengurangi risiko serta mengelola kondisi diabetes.

 

8. Menurunkan Kolesterol

Dengan bersepeda membantu menurunkan kolesterol, kadar kolesterol yang normal pun dapat berefek pada kesehatan jantung. Selain itu juga menurunkan risiko terkena stroke serta serangan jantung.

Studi mengungkapkan manfaat bersepeda adalah bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), serta trigliserida.

 

BACA JUGA:Khawatir Kolesterol Naik? Inilah 7 Minuman Alami Penurun Kolesterol pasca Makan Daging Kurban, Yuk Siapkan!

 

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan kesehatan jantung merupakan manfaat dari bersepeda karena bisa mengoptimalkan kinerja sistem kardiovaskular.

Sistem kardiovaskular yakni jantung dan pembuluh darah, lewat cara memperkuat otot jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

 

10. Terapi untuk Penderita Kanker

Bersepeda bisa bermanfaat sebagai terapi untuk penderita kanker dengan membantu membuat mereka tetap bugar. Selain itu, bersepeda mampu mengurangi risiko jenis kanker tertentu seperti kanker payudara.

Olahraga itu bisa membantu penderita kanker payudara mengurangi efek samping pengobatan kanker, termasuk kelelahan, serta meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

 

Kategori :