Menjaga Kearifan Lokal Sunda melalui Pelestarian Seni dan Budaya

Minggu 14-05-2023,21:20 WIB
Reporter : Firman Satria
Editor : Firman Satria

Radar Jabar - Budaya Sunda di Jawa Barat adalah salah satu aset budaya Indonesia yang patut dilestarikan. Namun, beberapa aspek tradisional Sunda seperti sisingaan, bajidoran, kuda renggong, tarawangsa, wayang golek, jaipongan, rampak gendang, Cianjuran, dan degung yang terancam hilang karena sedikitnya peminat dan kurangnya dukungan dari pemerintah.

BACA JUGA:Mengenal Kekayaan Budaya Sunda Bersama Anak-Anak: Melalui Seni Tari, Musik dan Wayang Golek

Berikut ini beberapa kebudayaan Sunda yang hampir hilang ditelan zaman.

1. Sisingaan, misalnya, adalah tarian singa yang disertai dengan musik tradisional yang dimainkan menggunakan alat musik tradisional seperti jentreng, gong, dan catuk.

2. Bajidoran adalah acara festival musik dan tari tradisional yang diadakan setiap tahun selama bulan puasa.

3. Kuda renggong adalah tarian penari yang menari di belakang kuda yang diberi hiasan dan baju kebesaran.

4. Tarawangsa merupakan musik tradisional Sunda yang dimainkan menggunakan alat musik tradisional seperti tarawang, suling, dan kendang.

5. Wayang golek merupakan seni pertunjukan boneka kayu dengan tangan yang dimainkan oleh dalang. Kesenia satu ini mulai jarang ditemukan dibeberapa wilayah di Jawa Barat, padahal kesenian ini merupakan identitas masyarakat Sunda yang harus dilestarikan.

BACA JUGA:Silaturahmi Nasional Paguyuban Sunda Pangumbaraan Inginkan Tokoh Sunda Jadi Pemimpin Nasional Bawa Indonesia J

6. Jaipongan dan rampak gendang adalah seni pertunjukan musik dan tarian yang khas untuk wilayah Sunda, sedangkan Cianjuran adalah musik vokal yang legendaris dan unik untuk wilayah Sunda yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi solo.

Semua warisan budaya tersebut harus dipelihara dan dilestarikan agar tidak hilang dari bumi Sunda. Dukungan dari pemerintah dan masyarakat Sunda sangat diperlukan untuk menyelamatkan budaya dan menunjukkan dunia bahwa Indonesia mempunyai warisan kebudayaan yang beragam dan menarik.

BACA JUGA:Forum Sunda Ngahiji Dukung Penuh Ridwan Kamil jadi Presiden, Ini Alasannya

Melalui kegiatan terus-menerus seperti konser musik dan tari tradisional, pameran, dan acara kelompok dan individu yang mempromosikan budaya Sunda, kita dapat mempertahankan budaya itu. Mari kita berikan perhatian yang lebih untuk menjaga warisan budaya kita dan menghormatinya sebagai bagian dari kekayaan kita yang luar biasa.

Kategori :