5 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Memicu Kanker Payudara

5 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Memicu Kanker Payudara

5 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Memicu Kanker Payudara--Pixabay

RADAR JABAR- Ternyata menjaga pola makan yang sehat bukan hanya menjaga kesehatan tubuh saja, namun menjaga pola makan yang sehat dapat membantu kita untuk menghindari penyakit serius, salah satunya penyakit Kanker Payudara.

Kanker Payudara bisa terjadi akibat adanya pertumbuhan sel-sel yang tidak normal di area sekitar payudara.

Beberapa makanan diketahui dapat memicu atau meningkatkan risiko kanker payudara jika dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut radarjabar.disway.id telah merangkum 5 makanan yang dapat memicu kanker payudara dari healthline.com, simak yuk ulasannya!

 

5 Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidak Memicu Kanker Payudara

 

1. Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis, bacon, hot dog, dan daging kalengan mengandung bahan pengawet seperti nitrat dan nitrit yang dapat membentuk senyawa karsinogenik saat dimasak pada suhu tinggi.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi daging olahan secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker, termasuk kanker payudara. Sebaiknya, kurangi konsumsi daging olahan dan pilih sumber protein sehat seperti ikan atau ayam tanpa kulit.

 

BACA JUGA:Apa itu Kanker Payudara Luminal B? Kenali Gejala dan Risikonya!

 

2. Gula Tambahan

Makanan dan minuman tinggi gula tambahan, seperti minuman bersoda, permen, dan kue, tidak hanya menyebabkan obesitas tetapi juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Mengkonsumis gula yang berlebih dalam tubuh dapat memicu produksi insulin yang tinggi, yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Mengurangi asupan makanan manis dan memilih sumber karbohidrat kompleks seperti buah-buahan dan biji-bijian dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

 

3. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng, terutama yang menggunakan minyak dengan suhu tinggi, dapat menghasilkan senyawa berbahaya seperti akrilamida, yang dianggap karsinogenik.

Makanan seperti kentang goreng, keripik, dan ayam goreng jika dikonsumsi terlalu sering bisa meningkatkan risiko kanker, termasuk kanker payudara. Sebaiknya, pilih metode memasak yang lebih sehat seperti merebus, mengukus, atau memanggang.

 

4. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Lemak jenuh, yang banyak terdapat dalam produk hewani seperti daging merah, mentega, dan produk susu tinggi lemak, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker payudara.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi lemak jenuh yang tinggi dapat memicu pertumbuhan tumor. Mengganti lemak jenuh dengan lemak sehat seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, dan alpukat bisa menjadi langkah yang bijak untuk mengurangi risiko.

 

BACA JUGA:Bulan Peduli Kanker Payudara, Bima Arya: Sosialisasi Pelaksanaan Sadanis Dimasifkan

 

5. Alkohol

Konsumsi alkohol telah terbukti meningkatkan risiko berbagai jenis kanker, termasuk kanker payudara. Alkohol dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh, yang dapat memicu perkembangan sel kanker di jaringan payudara.

Untuk mengurangi risiko kanker payudara, sangat disarankan untuk membatasi atau menghindari konsumsi alkohol sepenuhnya.

 

Menghindari makanan-makanan tertentu yang dapat memicu kanker payudara adalah langkah pencegahan yang baik untuk kedepannya.

Selain itu, menjalani pola makan yang seimbang, kaya akan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein sehat, dapat membantu menjaga kesehatan payudara dan mengurangi risiko kanker.  

Sumber: