Forum Transparansi Pilkada Subang Laporkan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Forum Transparansi Pilkada Subang Laporkan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

--

RADAR JABAR - Telah beredar di Media Sosial dan Media Massa bahwa Camat Ciasem berfoto dengan salah satu Timses Paslon Bupati-Wakil Bupati Subang yang menunjukkan angka 1 pada jarinya. 

 

Tentunya, hal ini menimbulkan berbagai reaksi di masyarakat, khususnya dari pada pendukung Paslon No Urut 2 dan No Urut 3, termasuk beberapa organisasi massa yang berada di Kabupaten Subang. 

 

Menindak hal tersebut diperoleh informasi dari Yogi (Sekretaris LSM Gibas Cinta Damai Resort Subang/Anggota Forum Transparansi Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Subang) bahwa, Forum Transparansi Pilkada Subang melaporkan adanya dugaan pelanggaran Pilkada Subang, terkait netralitas ASN Subang. 

 

Terkait hal tersebut, Yogi mengatakan bahwa pada 16 Oktober 2024, sekitar pukul 14.00 WIB, di Kantor Bawaslu Subang, Irwan Yustiarta (Ketua Forum Transparansi Pilkada Subang) melaporkan adanya dugaan pelanggaran Netralitas ASN pada Pilkada 2024.

 

Adapun subjek terlapor yaitu Eza Zhaithon Thowi (Camat Ciasem) yang berfoto dengan anggota tim sukses pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Subang Nomor Urut 1 (H Ruhimat – Aceng Kudus), dengan pose 1 jari. 

 

Dengan terjadinya permasalahan tersebut, sebelumnya juga Forum Transparansi Pilkada Subang sudah mengingatkan kepada Para Camat dan Kepala Desa dan Perangkat Desa dan semua ASN dalam setiap sosialisasi Pilkada Subang selama tahapan Kampanye Pilkada Subang bisa memahami dan peka dalam bergaul dengan tim sukses pasangan calon. Seperti berfoto jangan menunjukkan gestur tubuh, yang disadari atau tidak disadari dianggap sebagai keberpihakan kepada salah satu Peserta Pilkada Subang. 

 

Dalam foto itu Camat Ciasem yang sedang Viral, memang Camat tersebut tidak menunjukkan jarinya ke simbol manapun, namun Oknum Camat tersebut berfoto dengan tim sukses yang menunjukkan jarinya kepada dukungan Pasangan Calon nomor urut 1. Sehingga publik menilai Oknum Camat ada keberpihakan kepada salah satu pasangan calon. 

 

Sumber: