3 Hal Penyebab Cari Kerja di Indonesia Makin Susah

3 Hal Penyebab Cari Kerja di Indonesia Makin Susah

Penyebab Cari Kerja di Indonesia Makin Susah-Ilustrasi/Unsplash-

Oleh karena itu, jika kita hanya mengandalkan ilmu dari sekolah atau kuliah, kemungkinan besar kita akan ditolak ketika melamar pekerjaan, terutama di bidang teknis seperti IT.

Inilah sebabnya banyak lulusan yang harus mengikuti bootcamp untuk mendapatkan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja. Namun, tetap saja tidak ada jaminan bahwa mereka akan mendapatkan pekerjaan setelah lulus dari bootcamp.

3. Tenaga Kerja Masih Bergantung Pada Pendidikan Formal

Mengapa mencari pekerjaan terasa sulit? Alasannya sangat relatif dan kompleks. Banyak faktor yang mempengaruhi kesulitan ini, mulai dari persaingan yang ketat hingga ketidakcocokan antara pendidikan dan kebutuhan dunia kerja.

Mungkin apa yang kami sampaikan hanya mencakup sebagian dari kenyataan yang ada, namun satu hal yang pasti, dunia kerja setelah lulus tidaklah semudah yang kita bayangkan.

Oleh sebab itu, kita tidak bisa hanya bergantung pada pendidikan formal. Penting untuk selalu belajar dan mengembangkan keterampilan di luar bangku sekolah atau kuliah. Eksplorasi dunia luar sangat diperlukan karena ilmu bukan hanya terdapat dalam buku.

Ingatlah, pendapatan sejalan dengan keterampilan yang kita miliki. Sebagaimana langit malam yang selalu terhampar luas, begitu pula kesempatan. Namun, hanya mereka yang terus melangkah dengan hati yang teguh dan tekad yang tak gentar yang akan menemukan jalan menuju bintang impian mereka.

Sumber: