Warga Diminta Aktif Cek DPT Pilkada 2024, Gubernur Jabar Soroti Transparansi

Warga Diminta Aktif Cek DPT Pilkada 2024, Gubernur Jabar Soroti Transparansi

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin memberikan keterangan dalam pembukaan rapat pleno penetapan DPT Pilkada Jabar 2024 di Bandung, Minggu (22/9/2024).--ANTARA/Ricky Prayoga

RADAR JABAR - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin, mengajak masyarakat untuk aktif memeriksa data Daftar Pemilih Tetap (DPT) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Bey meyakini bahwa proses verifikasi yang dilakukan oleh KPU dari tingkat kota hingga kabupaten telah mengikuti aturan yang ada, namun peran aktif warga sangat penting untuk memastikan data yang akurat dan untuk menindaklanjuti jika ada masalah.

"Data ini kan berjenjang, saya harap semua sudah terdaftarkan semuanya. Nanti masih ada situs untuk ngecek, ini salah satu bentuk demokrasi yang transparan. Proses begitu panjang, pasti sudah sesuai dengan aturan, semuanya kan ada, di dukcapil juga, bisa dicek juga secara online," ujar Bey dalam Rapat Pleno penetapan DPT di Bandung, Minggu (22/9).

Sementara itu, Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni, menjelaskan bahwa pihaknya masih dalam tahap pleno penetapan DPT. Hingga saat ini, KPU telah menemukan dan menyelesaikan 122 ribu data pemilih ganda.

BACA JUGA:KPU Kuningan Umumkan DPT Pilkada 2024 Berjumlah 891.960 Pemilih

BACA JUGA:OJK Tasikmalaya Terus Kampanyekan Bahaya Judi Daring terhadap Perekonomian

"Selama proses verifikasi ada 122 ribu pemilih ganda dan telah kami selesaikan," ujar Ummi.

Namun, hingga saat ini masih ada 18 pemilih ganda yang menurut Ummi tidak dapat diselesaikan.

"18 itu tidak bisa diselesaikan karena daftar pemilih ganda antar provinsi jadi kami tidak bisa menyelesaikannya," tambahnya.

Hingga saat ini, DPT untuk Pilkada 2024 di Jawa Barat belum ditetapkan. Namun, mengacu pada data Pilpres 2024, jumlah DPT di Jawa Barat mencapai 35.714.901, yang merupakan jumlah tertinggi di Indonesia.*

Sumber: antara