Dinkes Garut Siapkan Langkah Antisipasi Cacar Monyet

Dinkes Garut Siapkan Langkah Antisipasi Cacar Monyet

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Garut, Asep Surachman. --ANTARA/HO-Diskominfo Garut

RADAR JABAR - Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengambil langkah antisipasi menghadapi kemungkinan penyebaran cacar monyet dengan menyosialisasikan kepada petugas kesehatan di puskesmas dan menyiapkan ruang isolasi. Langkah ini bertujuan untuk penanganan dini jika ditemukan kasus cacar monyet.

"Kita siap siaga puskesmas dan fasilitas kesehatan rumah sakit, termasuk untuk mengisolasi bilamana ditemukan kasus seperti ini," ujar Asep Surachman, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Garut, kepada wartawan di Garut, Jumat (6/9).

Asep menambahkan bahwa penyakit cacar monyet telah menjadi perhatian global, termasuk di Indonesia. Di Provinsi Jawa Barat hingga Agustus 2023 telah tercatat 13 kasus, namun belum ada laporan kasus di Kabupaten Garut.

"Di Jawa Barat laporan kemarin terakhir akhir Agustus itu ditemukan 13, namun sampai saat ini di Kabupaten Garut belum ada yang melaporkan dari fasilitas kesehatan terkait dengan adanya temuan suspek, mudah-mudahan jangan terjadi," ujar Asep.

BACA JUGA:Keluarga Korban Gantung Diri di Cibinong Klarifikasi, Bukan Akibat Tidak Mampu Bayar Sekolah

BACA JUGA:Puluhan Mahasiswa HMI MPO dan PKL Puncak Ajukan Delapan Tuntutan dalam Aksi Demo di Pemkab Bogor

Dinkes Garut terus melakukan sosialisasi mengenai penyebaran dan pencegahan cacar monyet kepada petugas kesehatan dan masyarakat umum, termasuk memberikan edukasi terkait cara penularannya.

"Kita antisipasi, puskesmas sudah kita 'share' kita zoom (rapat) kan kewaspadaan, kita hati-hati, di masyarakat tentunya harus mengetahui cara penularannya seperti apa," lanjutnya.

Penularan cacar monyet lebih banyak terjadi melalui hubungan badan berisiko, meskipun ada juga penularan secara umum seperti kontak kulit. Penyakit ini masih dapat disembuhkan, dan pemerintah sedang mempersiapkan vaksin untuk mencegah penyebaran cacar monyet.

"Kemenkes sudah menyiapkan, tapi belum bisa langsung melakukan tindakan vaksinasi karena tidak semua daerah menemukan," tambahnya.

BACA JUGA:Dinilai Berhasil Kembangkan Koperasi dan UMKM, Bupati Kang DS Diganjar Penghargaan dari Menkop RI

BACA JUGA:Polres Kuningan Salurkan 8.000 Liter Air Bersih untuk Warga yang Terdampak Krisis Air

Asep berharap tidak ada kasus cacar monyet di Garut, namun masyarakat harus tetap waspada dan memahami cara pencegahannya. Jika ada dugaan kasus, petugas kesehatan akan segera melakukan tindakan seperti pemeriksaan darah.

Sumber: antara