KPID Jabar Ingatkan Pentingnya Netralitas Lembaga Penyiar Jelang Pilkada 2024

KPID Jabar Ingatkan Pentingnya Netralitas Lembaga Penyiar Jelang Pilkada 2024

Ketua KPID Jabar Adiyana Slamet--

RADAR JABAR - Jelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Plkada) serentak 2024, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat, ingatkan lembaga penyiaran akan pentingnya menjaga netralitasnya. 

 

Guna mewujudkan Pilkada yang aman dan lancar di Jawa Barat. Hal tersebut di ungkapkan dalam Literasi Media, dengan tema 'Lembaga Penyiaran dan Masa Depan Demokrasi Dalam Pilkada di Jawa Barat Tahun 2024'.

 

Ketua KPID Jawa Barat, Adiyana Slamet mengatakan, lembaga penyiaran memiliki peran strategis dalam memberikan edukasi politik kepada masyarakat. 

 

Tidak hanya itu di ungkapkan Adiyana, lembaga penyiaran juga masih menjadi rujukan referensi utama bagi masyarakat untuk mencari informasi terlebih seputar politik, atas dasar itu pentingnya lembaga penyiaran menjunjung tinggi netralitas, independensi dan berimbang menjadi hal yang harus dilakukan guna mencerdaskan masyarakat. 

 

"Lembaga Penyiaran itu mempunyai peran strategis untuk memberikan informasi politik kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa belajar tentang politik, terlebih bagi Jawa Barat sebagai Provinsi dengan DPT pada Pemilu kemarin terbesar yang mencapai 35 jt pemilih, dan ini menjadi catatan penting bagi kami lembaga negara dalam interpretasi uu 32 tahun 2002 masyarakat harus mendapatkan informasi yang benar dan layak,"jelasnya. Kamis (15/8/2024). 

 

Saking vitalnya peran Lembaga Penyiaran menurut Adiyana, maju mundurnya sebuah daerah sangat di pengaruhi dari informasi yang diberikan lembaga penyiaran terlebih sebagai referensi dalam tahun politik. 

 

"Bahwa masa depan jabar ditentukan dari masyarakat yang berdaya dalam Demikrasi, masyarakat berdaya itu harus memiliki orientasi politik yang baik,"jelasnya.

 

Sumber: