Koalisi Kawai Haba Demokrasi Siap Cegah Hoaks saat Pilkada

Koalisi Kawai Haba Demokrasi Siap Cegah Hoaks saat Pilkada

--

RADAR JABAR – Sejumlah organisasi dan lembaga di Aceh sepakat membentuk ‘Koalisi Kawai Haba Demokrasi Aceh’ untuk melawan gangguan informasi Pilkada 2024. Deklarasi koalisi ini berlangsung dalam diskusi terpimpin (FGD) yang difasilitasi oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh, Sabtu, 3 Agustus 2024. 

 

Ketua AJI Banda Aceh Reza Munawir mengatakan, pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Aceh berpotensi dibayang-bayangi penyebaran informasi hoaks. Ini menimbulkan kesalahpahaman bahkan memicu pertengkaran dalam masyarakat.

 

Dia menilai koalisi ini penting untuk berkolaborasi secara multisektoral dalam menghalau penyebaran hoaks serta memfasilitasi klarifikasi informasi terkait pelaksanaan pesta demokrasi. 

 

“Sehingga masyarakat Aceh bisa memperoleh informasi yang kredibel dan tidak terjebak dalam simpang siur informasi sesat,” kata Reza Munawir, seperti dikutip dari Antara, Senin 5 Agustus 2024.

 

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Saiful, menyambut baik dan mendukung hadirnya koalisi ini untuk mencegah hoaks yang berpotensi membludak menjelang Pilkada. 

 

“Belajar dari pengalaman Pilkada sebelumnya, penyebaran hoaks terbukti menghadirkan kegaduhan, perpecahan, pertengkaran, bahkan permusuhan di dalam masyarakat. Maka penting untuk mengantisipasi isu-isu hoaks dalam masyarakat melalui aktivitas cek fakta,” katanya. 

 

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh, Tgk Faisal Ali yang akrab disapa sebagai Lem Faisal, menyatakan bahwa tidak ada landasan agama, konteks adat, maupun landasan hukum yang membolehkan memproduksi dan menyebarkan berita bohong (hoaks). 

 

Sumber: