5 Alasan Orang Susah Resign dari Pekerjaan Mereka

5 Alasan Orang Susah Resign dari Pekerjaan Mereka

Alasan Orang Susah Resign dari Pekerjaan Mereka-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR - Pernahkah kalian bertemu dengan orang-orang yang sudah tidak nyaman dengan pekerjaannya tetapi masih saja bertahan di tempat kerja atau perusahaan tersebut? Sudah tiga kali Lebaran ngomong mau resign, ternyata di Lebaran berikutnya masih belum resign juga.

Sudah sering wawancara dan diterima di tempat lain tetapi tetap tidak mau pindah. Sudah sering sebal dengan keputusan dan kebijakan perusahaan tetapi tetap bertahan.

Kok bisa ya, ada orang yang sulit untuk keluar dari pekerjaannya saat ini meskipun tempat bekerjanya sudah tidak lagi memberikan kenyamanan dan kepuasan kerja?

Dalam sebuah artikel di HBR Magazine yang ditulis oleh Marlo Lyons, disebutkan ada beberapa alasan kenapa orang susah resign dan memilih bertahan di tempat pekerjaannya meskipun sudah tidak menyenangkan lagi.

1. Faktor Kesetiaan pada Tempat Kerja yang Sudah Seperti Keluarga

Alasan pertama orang susah resign adalah karena kita sering merasa loyal terhadap organisasi tempat kita bekerja, terutama jika kita telah menghabiskan waktu yang cukup lama di perusahaan tersebut. Kedekatan dengan pemilik atau atasan bisa membuat kita merasa bersalah jika hendak memutuskan keluar.

Memiliki kesetiaan yang tinggi tentu adalah hal yang baik, tetapi jangan lupa, kita juga memiliki keluarga sendiri yang perlu kita penuhi kebutuhannya. Jangan sampai kita sibuk membantu keluarga orang lain tetapi mengabaikan kebutuhan keluarga kita sendiri.

BACA JUGA:5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memutuskan untuk Resign Agar Kamu Tidak Menyesal!

Biasanya di organisasi atau perusahaan yang cukup besar, terdapat keberagaman bisnis dan tantangan, misalnya di perusahaan keluarga yang memiliki banyak unit bisnis. Karyawan mereka bisa tetap tumbuh dan berkembang tanpa perlu keluar dari perusahaan tempat mereka bekerja saat ini.

Namun, jika tempat kita bekerja ukurannya terlalu kecil, tentu ruang untuk tumbuh dan berkembang menjadi terbatas, sehingga mencari tantangan dan pengalaman di tempat lain menjadi pilihan yang lebih relevan.

Puluhan tahun yang lalu, saya disuruh orang tua untuk merantau di kota lain karena mereka ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang lebih baik dan menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Sebuah keputusan yang tidak mudah untuk orang tua saya dan saya, tetapi dari situ saya belajar menjadi lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap hidup saya. Orang tua saya tentunya akan bangga dengan keputusan yang mereka pilih untuk mendorong saya merantau.

Sehingga jika atasan atau pemilik bisnis tempat kita bekerja saat ini memikirkan pertumbuhan dan perkembangan diri kita, tentunya mereka juga akan memahami bahwa ini adalah langkah penting dalam perjalanan karir dan cita-cita kita.

Kita punya tanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarga kita. Kita bertanggung jawab untuk mengoptimalkan potensi yang kita miliki dan memberikan kontribusi yang lebih besar.

2. Karena Solidaritas yang Tinggi dan Tidak Mau Dianggap Berkhianat

Alasan lain yang membuat orang-orang enggan resign dari pekerjaan mereka adalah kekhawatiran dianggap tidak solider terhadap teman-temannya.

Sumber: