Peserta Lari Event Pocari Sweat Run 2024 Dapat Terapi dan Pengobatan Gratis oleh Siloam Hospitals

Peserta Lari Event Pocari Sweat Run 2024 Dapat Terapi dan Pengobatan Gratis oleh Siloam Hospitals

Peserta Lari Event Pocari Sweat Run 2024 Dapat Terapi dan Pengobatan Gratis oleh Siloam Hospitals--Istimewa

RADAR JABAR - Penyelenggaraan acara Pocari Sweat Run 2024 yang berlangsung di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat berlangsung meriah pada 20 sampai 21 Juli 2024.

 

Di tengah pelaksanaan event tersebut, Siloam Hospitals jadi salah satu lembaga penyedia kesehatan, yang ikut menyukseskan gelaran acara lari hybrid terbesar seantero Indonesia.

 

Diketahui, Siloam Hospitals ikut berperan aktif dalam pemberian fasilitas kesehatan (Faskes) bagi para peserta lari. Tak tanggung, kurang lebih 250 pelari mendapatkan layanan fisiteorapi secara cuma-cuma alias gratis. 

 

Salah seorang tenaga medis Siloam Hopitalis, Refience G Nalanda SFt mengatakan, apabila direhab sendiri pada 20 Juli 2024 ada sedikitnya 100 peserta yang telah mendapatkan layanan medis.

 

"Hari ini kayaknya lebih banyak, pesertanya lebih banyak juga kan. Ini tadi saja sudah 150 sih yang mendaftar," katanya, Minggu (21/7).

 

Refience mengaku, pelayanan prima pun diberikan bagi para peserta event half marathon guna mensukseskan gelaran olahraga tahunan tersebut. 

 

Sebanyak tujuh tenaga medis disiapkan Siloam Hospitals guna penanganan keluhan hingga rekomondasi tindaklanjut resiko cedera bagi setiap pelari. 

 

Hal ini tentunya berkesesuaian dengan amanat Undang-Undang No. 44 tahun 2009 tentang rumah sakit (RS) yang harus memberikan pelayanan kesehatan secara paripurna. 

 

"Keluhan terbanyak keram otot, mungkin kayak kurang prepare ya sebelum lari. Terus tadi ada beberapa yang luka karena jatuh, sama sprained ankle sih," bebernya.

 

Refience menerangkan, untuk yang sakit akut, atau benar-benar mengalami celaka seperti terjatuh saat berlari, pihaknya juga tetap memberikan layanan dengan mengobati luka terlebih dahulu, sebagai langkah penanganan medis awal.

 

"Kalau misalnya lukanya udah oke, ya kita lihat ada masalah sama musclenya enggak. Kalau ada masalah sama musclenya, kita spray dulu untuk pakai ethyl, itu untuk ngurangin bengkaknya, sama kita pakaiin ice pack," terangnya.

 

Tak cukup disitu, ujar Refience, Siloam Hospitals juga memberikan edukasi bagi para peserta event Pocari Sweat Run 2024. Hal ini diperuntukan guna mengurangi tingkat resiko cedera imbas perhelatan tersebut.

 

"Mereka tuh biasanya enggak tahu kalau posturnya tuh enggak bagus gitu. Terus kalau lari, cara lari yang bener gimana, sepatu yang cocok gimana, itu kita edukasi sebelumnya," ujarnya.

 

Refience menyampaikan, selain booth, Siloam Hospital menurunkan tiga unit ambulans kelas wahid guna menyokong acara Pocari Sweat Run 2024.  

 

"Pemilih unit disesuaikan dengan kondisi-kondisi yang dikhawatirkan terjadi imbas marathon. Kita ada tiga ambulans juga yang lengkap," imbuhnya. 

 

"Lengkap dengan tim medisnya stand by di lokasi tertentu yang dikasih," pungkas Refience. (Bas)

***

Sumber: