8 Sekolah di Kabupaten Indramayu Sepi Pendaftar di Tahap 2 PPDB 2024

8 Sekolah di Kabupaten Indramayu Sepi Pendaftar di Tahap 2 PPDB 2024

Foto Ilustrasi - Proses Pendaftaran PPDB 2024 di Jawa Barat-Istimewa/Jabar Ekspres-Jabar Ekspres

Radar Jabar Disway - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar) menyebut delapan sekolah di Kabupaten Indramayu minim pendaftar dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 tahap kedua.

 

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Disdik Jabar, Ade Afriandi, mencontohkan di SMA Negeri 1 Lelea Kabupaten Indramayu hanya mencatat total satu calon peserta didik baru pendaftar PPDB tahap kedua.

 

"Jadi antara kuota (yang disediakan) dengan jumlah pendaftar itu sangat jauh. Lalu ada juga yang dekat di Subang di SMA Negri 1 Cijambe, itu cuman 16 yang daftar dari kuota yang disediakan 200 (calon peserta didik baru)," ungkapnya saat dikonfimasi oleh Jabar Ekspres, Rabu (3/7).

 

BACA JUGA:Dinas Pendidikan Jawa Barat Usut Dugaan Pungli PPDB oleh Kepala Sekolah di Bekasi

 

Namun ia menjelaskan kuota pendaftar di mayoritas sekolah baik SMA maupun SMK di Jawa Barat di proses pendaftaran tahap 2 ini banyak yang terpenuhi. Menurutnya bahkan semisal di Kantor Cabang Dinas (KCD) 12 Kabupaten Garut, jumlah pendaftar dengan kuota yang disediakan seimbang.

 

"Ada juga di wilayah Sukabumi, itu kuota dengan jumlah pendaftar beda sedikit. Nah kalau yang melebihi dengan daya tampung, itu ada di Kabupaten Bogor, dari daya tampung 9.368, yang mendaftar ada 17.983. Jadi sangat jauh kalau dilihat dari jumlah yang mendaftar dengan kuota (yang disediakan)," imbuh dia.

 

Ade juga disinggung ihwal sisa pendaftar yamg melebihi kuota. Dia mengungkapkan pihaknya akan langsung memberikan salah satunya mendaftar ke sekolah swasta, terutama yang terintegrasi ke dalam sistem PPDB 2024.

 

Sumber: