Kang DS Terus Support Para Petani di Kabupaten Bandung

Kang DS Terus Support Para Petani di Kabupaten Bandung

Bupati Bandung Dadang Supriatna saat menghadiri Pelantikan Pengurus KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) di Soreang, Kabupaten Bandung Senin (1/7/2024).--Istimewa

RADAR JABAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung terus melakukan upaya dan langkah-langkah ikhtiar untuk optimalisasi peningkatan produksi pada bidang pertanian. Diantaranya melakukan upaya kesiapan  disaat memasuki musim kemarau, misalnya pada bulan Oktober 2024, para petani diharapkan masih bisa melakukan kegiataan bertani atau bercocok tanam.

Hal ini diungkapkan Bupati Bandung Dadang Supriatna saat menghadiri Pelantikan Pengurus KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kabupaten Bandung masa bakti 2024-2029 di Gedung Oryza Sativa Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Komplek Pemkab Bandung, Soreang, Senin (1/7/2024).

"Saya minta kepada Kepala Dinas Pertanian, kedepan diprediksi disaat menghadapi musim kemarau, maka untuk siap-siap. Untuk mempersiapkan, berapa kebutuhan untuk penanganan potensi kekeringan pada lahan pertanian," kata Bupati dalam sambutannya di depan pengurus KTNA Kabupaten Bandung.

Dadang mengatakan disaat memasuki musim kering pada bulan Oktober atau dalam beberapa bulan kedepan, apa yang bisa dilakukan. 

BACA JUGA:Jaring Bibit Atlet Berbakat, Polresta Bandung Gelar Turnamen Bola Basket Tingkat Nasional

"Apa yang perlu kita siapkan. Mumpung APBD masih dibahas. Dengan harapan disaat terjadi kekeringan, para petani masih bisa bertani," ujarnya sembari mengucapkan selamat kepada para pengurus KTNA yang baru dilantik. 

Untuk itu, orang nomor satu di Kabupaten Bandung ini menuturkan, disaat menghadapi kondisi musim kemarau harus dibicarakan dengan pengurus KTNA, pendamping maupun PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan).

"Kondisi ini harus dibicarakan dengan KTNA, Pendamping, dan PPL. Dengan harapan produksi pertanian meningkat. Kami siap selalu mensuport keberlangsungan KTNA. Karena tujuan pemerintah adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, di antaranya para petani," ungkapnya. 

Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna ini berharap disaat pengurus KTNA mengadakan rapat kerja, hasil rapat kerja itu disinergikan dengan program prioritas Pemkab Bandung. 

BACA JUGA:Diskominfo: KIM Untuk Mengimbangi Perkembangan Digitalisasi yang Kian Pesat

"Hasil rapat kerja KTNA, dijadikan masukan ke pemerintah mumpung ada pembahasan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah)," harapnya. 

Kang DS pun berusaha untuk memberikan perhatian kepada para petani, yaitu dalam pemberian beasiswa. Program beasiswa itu untuk peningkatan sumber daya manusia. 

"Dengan harapan ada regenerasi di kalangan para petani," harapnya.

Pada tahun 2024, kata Bupati Bedas ini,  Pemkab Bandung telah menggulirkan program beasiswa untuk 250 orang calon mahasiswa. 

Sumber: