Jambore Pramuka, Emma Dety: Pramuka Bedas Cetak Generasi Muda yang Cerdas, Tangkas dan Berkarakter

Jambore Pramuka, Emma Dety: Pramuka Bedas Cetak Generasi Muda yang Cerdas, Tangkas dan Berkarakter

Kegiatan Jambore Pramuka Penggalang Kwarcab Kabupaten Bandung di Wanawisata Rancaupas Kecamatan Rancabali, Senin (1/7/2024). --Istimewa

RADAR JABAR - Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung Hj.  Emma Dety Permanawati mengatakan bahwa pelaksanaan Jambore Pramuka Penggalang Kwarcab Kabupaten Bandung tahun 2024 dengan tema "Pramuka Bedas, Pinter, Singer Tur Miboga Karakter" menggambarkan semangat dan tujuan yang ingin dicapai. 

"Kegiatan Jambore Pramuka Penggalang ini membentuk sikap dan prilaku yang baik, meningkatkan kemandirian, keterampilan, serta mempererat persatuan dan kesatuan di antara anggota Pramuka Penggalang," kata Emma Dety pada sambutannya di acara Jambore Pramuka Penggalang Kwarcab Kabupaten Bandung di Wanawisata Rancaupas Kecamatan Rancabali, Senin (1/7/2024). 

"Kita juga berkomitmen untuk menghayati dan mengamalkan kode kehormatan Pramuka, yaitu Satya dan Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari," tutur Emma Dety, istri dari Bupati Bandung Dadang Supriatna yang sama-sama hadir pada Jambore Pramuka Penggalang tersebut. 

Emma Dety berharap Pramuka Bedas bukan sekedar semboyan, tetapi merupakan wujud nyata dari upaya untuk mencetak generasi muda yang cerdas, tangkas dan berkarakter.

BACA JUGA:Angka Inflasi Kabupaten Bandung Turun Signifkan Diangka 2,24 Persen, Kang DS: Ucapkan Terima Kasih Kepada Semu

"Kegiatan Jambore ini adalah salah satu sarana bagi kita untuk mencapai tujuan tersebut," katanya.

Bunda Bedas menerangkan bahwa pelaksanaan Jambore Pramuka Penggalang Kwarcab Kabupaten Bandung ini diikuti 2.517 peserta, terdiri dari 2.160 Pramuka Penggalang dan 357 pembina pendamping yang tergabung dalam 270 regu.

"Kita berharap para peserta dapat mengembangkan kemampuan mereka, baik dari segi intelektual, emosional, maupun sosial," katanya. 

Emma Dety mengungkapkan bahwa kemandirian dan keterampilan adalah dua hal penting yang akan kita asah selama kegiatan ini.

"Kita ingin agar Pramuka Penggalang mampu berdiri sendiri, mengambil inisiatif, serta memiliki keterampilan yang berguna bagi kehidupan sehari-hari," harapnya. 

Ia mengatakan bahwa jambore ini juga merupakan momen untuk memperkuat komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Satya dan Darma Pramuka.

BACA JUGA:Bupati Bandung Terima Kunjungan Raffi Ahmad dan Jeje Govinda, Bahas Politik?

"Nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan Pramuka adalah fondasi bagi kita dalam menentukan karakter yang tangguh dan berbudi pekerti luhur," tuturnya.

Oleh karena itu, Emma Dety mengajak  kepada para peserta Jambore  mari jadikan kegiatan ini sebagai wahana untuk merefleksikan dan memperdalam nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber: